Oleh Aries Kelana pada hari Minggu, 03 Mei 2020 - 21:40:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Karena Banyak Masalah, RUU Omnibus Law Digugat ke PTUN

tscom_news_photo_1588516859.jpg
Arif Maulana (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Rancangan Undang-undang Cipta Kerja Omnibus Law tak lepas dari masalah. Meskipun DPR dan pemerintah sepakat untuk menunda pembahasan RUU kontroversial, bukan berarti masalahnya selesai.

Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Tim Advokasi untuk Demokrasi mengajukan gugatan terhadap Surat Presiden Joko Widodo terkait RUU tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

Mereka yang tergabung dalam tim tersebut terdiri dari: Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Koordinator Jaringan Advokasi Tambang Merah Johansyah Ismail, dan Perkumpulan Konsorsium Pembaruan Agraria.

Dalam jumpa pers yang digelar secara daring itu, Minggu (3/5/2020), salah satu kuasa hukum penggugat, Arif Maulana, mengatakan bahwa gugatan ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat untuk memastikan demokrasi berjalan.

Arif mengungkapkan mengapa kliennya mengajutkan gugatan. Ia menilai pemerintah melakukan pelanggaran prosedur dalam penyusunan RUU Cipta Kerja sebelum diajukan ke DPR.

“Secara prosedur, pemerintah tidak terbuka serta tak melibatkan masyarakat saat menyusun draf RUU Cipta Kerja tersebut, mengabaikan prinsip yang diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan,” ujar Arif.

Ia melihat ada 27 dari 54 putusan Mahkamah Konstitusi yang ditabrak dalam RUU tersebut.

Selain itu, meki judul RUU tadi RUU Cipta Kerja, pada faktanya tidak banyak melibatkan masyarakat. "Masyarakat yang terdampak RUU ini tidak didengar sama sekali, dilibatkan juga tidak. Pembentukan RUU ini sangat diskriminatif," kata Arif.

Di lain pihak suara pengusaha banyak didengar.

tag: #omnibus-law  #ylbhi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...
Berita

Ketum SOKSI Apresiasi Putusan MK dan Ucapkan Selamat Kepada Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga mengapresiasi tinggi amar putusan MK yang menolak permohonan gugatan Paslon 01 Anies -Amin dan Paslon 03 ...