Oleh Aries Kelana pada hari Selasa, 05 Mei 2020 - 15:08:26 WIB
Bagikan Berita ini :

PDB Indonesia Diprediksi 2,9%, Terendah Sejak 2001

tscom_news_photo_1588666106.jpg
Pelabuhan Tanjung Priok (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Akibat wabah COVID-19 berkepanjangan, ekonomi Indonesia tergerus tajam. Pada kuartal pertama tahun ini, Produk domestik bruto (PDB) hanya tumbuh 2,9%. Padahal prediksi awalnya 4,04%.

Ini tentu angka yang buruk sejak 2001. Pada tahun lalu saja PDB Indonesia di kuartal yang sama mencapai 4,97%.

Pada Januari-Maret, konsumsi rumah tangga, yang menyumbang lebih dari setengah PDB, mencatat tingkat pertumbuhan hanya 2,84%, dibandingkan dengan sekitar 5% pada kuartal terakhir.

Investasi dan ekspor juga melemah, masing-masing tumbuh 1,7% dan 0,24%.

Pertumbuhan ekonomi yang lemah juga ditandai oleh merosotnya kinerja Bursa Efek Indonesia. Pertumbuhannya hanya 0,25% setelah sempat tumbuh 1,4%. Meski demikian Indonesia masih tertolong oleh kekuatan rupiah yang kembali ke angka Rp15.000 per US$.

Ekonom senior Asia Capital Capital Gareth Leather, mengatakan bahwa ekonomi Indonesia masih lebih baik daripada negara lain yang terpuruk lebih dalam. Ini karena Indonesia lambat melakukan pembatasan sosial.

“Penguncian harus tetap di tempat untuk sementara waktu lebih lama. Kegagalan untuk mengandung virus akan memiliki implikasi yang signifikan bagi prospek ekonomi, ”tambah Leather, seperti dikutip reuters.com (5/5/2020).

Pemerintah telah memperluas defisit fiskal ke yang terbesar dalam lebih dari satu dekade untuk mengakomodasi pengeluaran untuk perawatan kesehatan, kesejahteraan dan stimulus ekonomi, sementara bank sentral telah memangkas suku bunga dan memompa uang ke dalam sistem keuangan untuk membantu perekonomian menangani pandemi.

Sekitar 1,7 juta orang kehilangan pekerjaan karena pandemi, data resmi menunjukkan awal pekan ini. Lebih dari 20.000 perusahaan telah mengajukan keringanan pajak pemerintah, kata kantor pajak bulan lalu.

tag: #ekonomi-indonesia  #pengangguran-di-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Dua Pegawai KAI yang Jujur Terima Hadiah Ponsel, Pulsa dan Sederet Asuransi

Oleh Rihad
pada hari Senin, 13 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menteri BUMN Erick Thohir memberikan apresiasi kepada dua petugas KRL karena bersikap jujur usai menemukan Rp 500 juta di kereta, Senin (13/7). Mereka adalah petugas ...
Berita

Kuasa Hukum Heru Hidayat Tegaskan Akan Terus Kejar Keterangan Dirut Jiwasraya, Kenapa?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Penasihat Hukum Heru Hidayat, Aldres Napitupulu mengatakan, dalam sidang lanjutan perkara Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (13/07), peran Direktur Utama PT Asuransi ...