Oleh Aries Kelana pada hari Jumat, 15 Mei 2020 - 21:24:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Singapura Hadirkan Tes Cepat COVID-19 Baru. Satu jam Ketahuan Hasilnya

tscom_news_photo_1589552668.jpg
warga Singapura di tengah pandemi COVID-19 (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Pemerintah Singapura mengabarkan bahwa pihaknya meluncurkan tes cepat masal baru. Namanya cPass.

Tes ini kabarnya bisa mendeteksi seseorang terinfeksi COVID-19 hanya dalam tempo satu jam setelah pengambilan darah.

Tes ini hanya tes antibodi yang dibentuk dalam tubuh untuk melawan infeksi. Tes seorologi diambil dalam darah atau serum orang yang diperiksa.

ujuan utamanya adalah untuk melacak kontak, mendeteksi kasus tanpa gejala dan menilai kekebalan kawanan. Tes serologis semacam itu telah digunakan di Singapura untuk pelacakan kontak.

Tes ini mencari keberadaan antibodi penetral, yang dapat memblokir virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19.

Dengan kata lain, cPass merupakan indikator kekebalan terhadap virus.

"Dalam kebanyakan kasus, menetralkan antibodi sama dengan perlindungan atau (adalah) indikator perlindungan terbaik," kata Profesor Wong Linfa, direktur program Penyakit Menular Darurat Duke-NUS dan peneliti utama untuk tes tersebut.

“CPass yang dikembangkan oleh tim kami dapat digunakan untuk pelacakan kontak, penampungan atau pelacakan hewan menengah, penilaian kekebalan kawanan, umur panjang kekebalan protektif dan kemanjuran kandidat vaksin yang berbeda.”

Selain perputaran cepat, keuntungan lain yang dimiliki tes serologi cPass adalah keamanan dan skalabilitas.

Tes saat ini untuk menetralkan antibodi membutuhkan virus hidup dan bahan sel, yang diproses oleh operator yang sangat terampil di fasilitas pemeliharaan biologis. Menggunakan rekayasa protein, tes baru mereplikasi bagian dari virus dan bagian dari sel hidup yang saling mengikat.

"Pada dasarnya, apa yang terjadi di tubuh Anda, kami telah menirunya dalam tabung reaksi dengan dua protein rekayasa," kata Prof Wong.

Ini berarti bahwa tes memiliki potensi untuk diproduksi secara massal dan dapat digunakan untuk menguji sejumlah besar orang lebih cepat, dan dapat dilakukan di sebagian besar laboratorium tanpa berpotensi mengekspos operator laboratorium untuk virus hidup, para ahli mengatakan kepada media pada konferensi pers sebagaimana dikutip channelnewsasia.com (15/5/2020).

Profesor Wang mengatakan bahwa timnya memerlukan waktu kurang dari dua bulan dari konsepsi hingga pengembangan produk, hingga otorisasi sementara dari test kit oleh Otoritas Ilmu Kesehatan Singapura, yang diberikan minggu lalu.

Perusahaan biotek GenScript melakukan pembuktian konsep penelitian, desain dan pengembangan produk, dan sekarang mengkomersialkan tes tersebut. Pusat Pengembangan Diagnostik (DxD) di Badan Sains, Teknologi, dan Penelitian Singapura (A * STAR) memvalidasi kit uji dan mengembangkan protokol pembuatan dan kontrol kualitas untuknya.

tag: #covid-19  #singapura  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...