Oleh Aries Kelana pada hari Senin, 18 Mei 2020 - 22:15:04 WIB
Bagikan Berita ini :

FBI: Penembakan Di Pangkalan AL AS Didalangi Al Qaeda

tscom_news_photo_1589814904.jpg
Alshamrani (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Biro federal Intelijen (FBI) telah menemukan bukti bahwa jaringan teroris Al-Qaeda berada di belakang aksi pembunuhan yang terjadi di pangkalan Angkatan laut Amerika Serikat (AS) di Florida, Desember 2019.

Pelaku bernama Letnan Dua Mohammed Saeed Alshamrani, tentara binaan Kerajaan Arab Saudi yang dikirim ke AS untuk berlatih. Namun beberapa hari setelah berlatih di sana ia melakukan penembangkan yang menewaskan tiga tentara AL di Florida. Alshamrani sendiri tewas ditembak petugas.

Bukti yang ditemukan FBI justru berasal dari percakapan telepon sesluler yang dimilikinya. Itu terungkap setelah Departemen Kehakiman AS kesulitan aktivitas Alshamrani dengan membuka enskripsi di dalam ponselnya untuk mencari tahu motif pria 21 tahun itu.

Pada bulan Februari 2020, rekaman audio yang mengaku berasal dari kelompok militan Islamis al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) mengaku bertanggung jawab atas serangan fatal itu, tetapi tidak memberikan bukti.

Dari laporan FBI terungkap bahwa Alshamrani pernah datang pada detik-detik serangan ke kedua gedung menara WTC di New York pada September 2001. Gedung WTC dirubuhkan oleh pilot Arab Saudi.

Bukti FBI yang baru ditemukan di ponsel Alshamrani menandakan akhir pertengkaran antara Jaksa Agung William Barr dan Apple Inc.

Barr sempat mengatakan pemerintah Saudi tidak memiliki peringatan lanjutan tentang penembakan itu.

Namun, pada bulan Januari, Arab Saudi menarik 21 kadetnya yang tersisa dari program pelatihan militer AS dan membawa mereka kembali ke Arab Saudi, setelah penyelidikan Departemen Kehakiman mengungkapkan bahwa beberapa dari mereka telah mengakses pornografi anak atau memiliki akun media sosial yang mengandung ekstremis atau anti Islam.

tag: #terorisme  #amerika-serikat  #arab-saudi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Putra Mahkota Arab Mohammed bin Salman Disebut Kembali Aktor Pembunuhan Jamal Khashoggi 

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 13 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Seorang pejabat PBB mengatakan, Putra Mahkota Arab Mohammed bin Salman adalah tersangka utama dalam kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di ...
Berita

Miliki Dewas Baru, LPDB-KUMKM diharapkan Makin Cepat Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof. Rully Indrawan, berharap Lembaga Pengelola Dana Bergulir Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) dapat bekerja lebih ...