Oleh Tommy P pada hari Kamis, 28 Mei 2020 - 10:21:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Guru Besar IPB :  New Normal Berlaku Jika Covid-19 Tidak Bertambah

tscom_news_photo_1590636108.jpg
Ilustrasi New Normal (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Hermanto Siregar menjelaskan Indonesia baru mencapai situasinew normaljika jumlah kasus Covid-19 baru secara harian tidak bertambah lagi. Hal tersebut digambarkan dengan kurva yang menurun lalu melandai.

"Kalau kurva sudah menurun artinya pertambahannya makin lama makin kecil, sehingga dia melandai, inilah yang kita sebut dengannew normal," kata Hermanto dalam keterangannya di media social yang viral, Kamis (28/5).

Dia mengingatkan masyarakat harus bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 pada situasi normal yang baru.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kehidupan normal yang baru setelah pandemi ini berarti setiap orang selalu mengenakan masker, pemerintah menetapkan pembatasan interaksi sosial di tempat umum, dan masyarakat menerapkan gaya hidup bersih.

Sebelum beralih darilockdownataupun pembatasan sosial berskala besar (PSBB), WHO mengatakan sebuah negara perlu memenuhi beberapa syarat, antara lain penularan penyakit terkendali dan punya kapasitas yang cukup untuk mendeteksi, menguji, mengisolasi, serta menangani setiap kasus, dan melacak setiap kontak.

Selain itu WHO mensyaratkan agar pemeriksaan di perbatasan diperketat untuk mengurangi risiko kasus impor.

Sekolah, tempat kerja, dan ruang-ruang publik, juga harus merapkan langkah pencegahan dan semua lapisan masyarakat mengerti dan melaksanakan praktik hidup sehat di situasi normal yang baru.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement