Oleh Givary Apriman pada hari Senin, 01 Jun 2020 - 14:42:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Teropongsenayan Launching Warung Parlemen, Tempat Nongkrong Bersama Rakyat

tscom_news_photo_1590997363.jpg
Sidang Parlemen (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN.COM)- Sebagai wakil rakyat, anggota Dewan yang duduk di DPR, DPD maupun DPRD memiliki tugas dan wewenang yang sangat berat dan mulia. Ada tiga tugas dan wewenang anggota parlemen yang utama yakni terkait fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Dari sisi fungsi legislasi, anggota Parlemen memiliki tugas dan wewenang antara lain menyusun program legislasi nasional (Prolegnas), serta menyusun dan membahas Rancangan Undang-Undang (RUU).

Terkait fungsi anggaran, anggota parlemen memiliki tugas dan wewenang antara lain memberikan persetujuan atas RUU tentang APBN/APBD yang diajukan Presiden atau Kepala Daerah, serta menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang disampaikan oleh BPK.

Sedangkan dari aspek pengawasan, anggota Parlemen memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi pelaksanaan UU, APBN/APBD dan kebijakan pemerintah.

Dalam rangka menjalankan tugas mulia tersebut, anggota dewan akan selalu menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat. Untuk itu, teropongsenayan.com secara resmi meluncurkan program baru yang kami namai "Warung Parlemen" bertepatan dengan Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2020.

Warung Parlemen merupakan rumah digital yang menjadi sarana anggota legislatif untuk berkomunikasi dengan konstituennya. "Ini adalah layanan inovasi karya anak bangsa untuk putera-puteri terbaik bangsa yang duduk sebagai wakil rakyat baik MPR, DPR, DPD serta DPRD, agar dapat berkomunikasi secara intens dengan rakyat secara transparan dan akuntabel atas kinerja anggota parlemen, menyampaikan gagasan pemikirannya, mendengarkan aspirasi konstituennya." kata Pemimpin Umum Teropongsenayan.com, Rihad Wiranto.

Melalui Warung Parlemen, masyarakat bisa mengetahui secara detail tentang informasi dan sepak terjang wakil rakyat secara lengkap. "Kami hanya menjembatani, rakyat yang menentukan" lanjut Rihad.

Warung Parlemen memiliki beberapa menu utama antara lain Beranda Aspirasi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan saran dan kritik membangun kepada anggota parlemen. Setiap aspirasi yang disampaikan melalui Beranda Aspirasi akan langsung sampai kepada wakil rakyat yang dituju.

Menu berikutnya adalah Wakil Bicara yang berisi seluruh pesan, gagasan, pendapat, dan kegiatan wakil rakyat selama menjalankan tugasnya. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan informasi sejelas-jelasnya secara langsung dari wakil rakyatnya.

Beberapa anggota legislatif menyambut gembira hadirnya kanal Warung Parlemen ini. Sebut saja, Abdul Fikri Fakih, Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera yang telah menyatakan bergabung dengan Warung Parlemen. "Banyak yang akan saya perjuangkan untuk memajukan daerah pemilihan saya," kata Abdul Fikri Fakih yang mewakili daerah Tegal, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Sedangkan Irwan dari fraksi Demokrat menyatakan Warung Parlemen bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif. "Saya bisa menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada konstituen saya," katanya.

Masih banyak lagi anggota dewan yang telah masuk Warung Parlemen seperti Singgih Januratmoko dari Fraksi Golkar, Bambang Patijaya dari Golkar, Kang Teddy Setiadi dari Fraksi PKS, Nevi Zuairina dari PKS, Yorrys Raweyai senator dari Papua. Masih banyak lagi anggota Parlemen yang akan segera bergabung.

Selamat datang di Warung Parlemen, tempat para wakil rakyat untuk berdialog dan menyerap aspirasi secara timbal balik dengan masyarakat.

tag: #dpr  #dprd-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement