Berita
Oleh Givary Apriman pada hari Tuesday, 02 Jun 2020 - 06:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Din Syamsuddin : Tanpa Agama, Nilai Pancasila Jadi Retak

tscom_news_photo_1591053000.jpg
Din Syamsuddin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Terdapat nilai-nilai Islam yang terkandung di dalam Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Untuk itu, Pancasila jangan sampai disapi dari Islam.

Itulah pernyataan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin dalam memaknai nilai pancasila di hari pancasila.

Tokoh Muhammadiyah itu meminta agar Agama dan Pancasila tidak saling dipertentangkan karena Agama dan Pancasila mempunyai keterkaitan untuk menjadikan pondasi dasar negara kuat.

Kehadiran agama justru akan membuat Pancasila menjadi tegak berdiri, dan bila pancasila tidak memperhatikan agama maka pancasila akan retak.

“Pancasila mengandung nilai-nilai Islam, maka jangan disapih dari Islam. Dengan agama Negara Pancasila kan tegak, tanpa agama ia jadi retak,” kata Din Syamsuddin melalui keterangannya, Senin (01/06/2020).

Din juga menilak kepada pihak-pihak yang gencar menyerukan bahwa diri sebagai pancasilais, mengingatkan bahwa pengakuan itu hanya bisa dilakukan dengan laku perbuatan.

Dalam laku perbuatan tersebut bukan hanya sebatas ucapan yang selesai di bibir, dan jangan sampai pancasila hanya diklaim sepihak.

“Pancasila adalah untuk dilakukan, bukan sekadar diucapkan, apalagi diklaim sepihak. Sayang ucap dan laku jauh berjarak,” pungkasnya.

tag: #hari-lahir-pancasila  #din-syamsuddin  #muhammadiyyah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...