Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 03 Jun 2020 - 22:08:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Cina Peringatkan Inggris Jangan Ikut Campur Urusan Hong Kong

tscom_news_photo_1591196907.jpg
demonstrasi di Hong Kong (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan pada hari Selasa bahwa Cina menghancurkan "permata" Hong Kong dengan tindakan kerasnya.

Dia meminta Cina untuk "mundur dari jurang" dan menghormati otonomi Hong Kong dan kewajiban internasional Beijing. Pemerintah London mengkritik rencana undang-undang keamanan nasional di bekas jajahannya.

Raab juga mengatakan undang-undang keamanan nasional Hong Kong adalah pelanggaran komitmen internasional Beijing terhadap perjanjian prinsip "satu negara, dua sistem" pada bekas koloni itu.

Inggris telah berbicara dengan sekutu "Five Eyes" -nya tentang kemungkinan membuka pintu mereka ke Hong Kong jika rencana Beijing untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional memicu percikan, kata Raab. Aliansi ini mencakup AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Setelah pidato Raab, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada hari Selasa bahwa ia akan menawarkan jutaan visa Hong Kong dan kemungkinan rute menuju kewarganegaraan Inggris jika Cina tetap menggunakan undang-undang keamanan nasionalnya.

Atas pernyataan Inggris itu, pemerintah Beijing pun berang. Jurubicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan bahwa Cina memperingatkan Inggris bahwa campur tangannya dalam urusan Hong Kong. Jika itu dilakukan akan "menjadi bumerang" karena itu merupakan ancaman terhadap stabilitas dan kesejahteraan kota.

"Kami menyarankan Inggris untuk mundur dari jurang, meninggalkan mentalitas Perang Dingin dan pola pikir kolonial mereka, dan mengakui dan menghargai kenyataan bahwa Hong Kong telah kembali" ke Cina, kata Zhao Lijian.

tag: #hong-kong  #inggris  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Bupati Kutai Timur Beserta Istri Jadi Tersangka Suap

Oleh Rihad
pada hari Jumat, 03 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Kutai Timur Ismunandar dan istrinya, Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur Encek Unguria, sebagai tersangka dugaan ...
Berita

Bogor Izinkan Pesantren di 40 Kecamatan Mulai Belajar Lagi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerintah Kabupaten Bogor Jawa Barat kembali membolehkan Pondok Pesantren di 40 kecamatan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). "Aktivitas sekolah dan ...