Oleh Rihad pada hari Senin, 15 Jun 2020 - 08:29:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Donor Darah Saat Pandemi Corona, Amankah?

tscom_news_photo_1592184579.jpg
Ilustrasi donor darah (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketersediaan darah menurun akibat pedonor berkurang seiring dengan kekhawatiran saat pandemi COVID-19. Banyak yang khawatir apakah mendonorkan darah pada saat pandemi Corona aman?

Ketua Tim untuk Darah dan Produk Asal Manusia lainnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jakarta, Yuyun Maryuningsih menyatakan mendonorkan darah saat pandemi COVID-19 cukup aman. dilakukan asal tetap mengikuti protokol kesehatan. “Tentu saja aman donor saat COVID-19 masih terjadi, selama tetap mengikuti aturan kesehatan,” kata Yuyun, Minggu malam (14/6).

Seperti diketahui, transmisi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 berasal dari tetesan kecil (droplet) saat seseorang yang terjangkit penyakit tersebut bersin atau batuk. Jadi sangat penting untuk pusat transfusi darah selalu membersihkan atau menyemprotkan disinfektan semua ruangan dan area lainnya dalam gedung yang menjadi pusat donor darah.

Pendonor juga harus menjaga jarak, petugas harus menggunakan sarung tangan, keduanya harus selalu memakai masker, sementara pengelola pusat donor darah perlu memastikan ventilasi ruangan yang digunakan mendonorkan darah terjaga baik agar pertukaran udara tidak terhambat, lanjutnya.

Selain itu, Yuyun menyarankan pendonor mengisi formulir yang dapat memudahkan pelacakan atau tracking jika di kemudian hari diketahui ada yang terpapar COVID-19.

Jika pendonor sakit tidak perlu dulu mendatangi pusat donor darah, jangan pula datang bersamaan dalam jumlah banyak, usahakan tidak didampingi, dan ia menyarankan tidak terlalu banyak bicara saat melaksanakan donor darah. “Jadi masih aman untuk donor darah di masa pandemi,” kata Yuyun.

Ia juga mengatakan ada baiknya proses pengambilan darah dilakukan di lokasi terbuka, selain membatasi jumlah pendonor di satu waktu yang sama guna menghindari terjadinya kerumunan massa.

Anjuran Wagub DKi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak masyarakat tidak takut mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) saat pandemi COVID-19.

"Jangan takut meskipun di masa COVID-19 dan jangan khawatir, justru saat ini bantuan darah lebih penting dibanding hari sebelumnya," kata Ahmad Riza Patria (Ariza) melalui keterangan tertulis di Jakarta, Ahad.

Ariza menyatakan itu saat mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Hari Donor Darah sedunia di Kantor PMI DKI Jakarta.

Ariza menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan berkontribusi menjaga ketersediaan darah di PMI Jakarta karena permintaan stok darah yang tinggi.

Ariza berjanji Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyosialisasikan gerakan donor darah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mendonorkan darah di PMI.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengungkapkan Hari Donor Darah sedunia kali ini mengusung tema "Darah Yang Aman, Selamatkan Jiwa" (Save Blood, Saves Lives).

Kalla menjelaskan kegiatan donor darah saat masa pandemi COVID-19 tetap berdasarkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus.

Dituturkan mantan Wakil Presiden RI itu, kegiatan donor darah di PMI menjunjung tinggi semangat kebersamaan, nilai kemanusiaan serta kepalangmerahan untuk membantu seluruh umat manusia dari berbagai kalangan dan latar belakang.

Unit Transfusi darah (UTD) PMI Provinsi DKI Jakarta bersama Cabang UTD mampu mengumpulkan 1.000 pedonor darah sukarela per hari untuk melayani 49 rumah sakit dengan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS), 168 rumah sakit non BDRS di Jakarta dan 246 rumah sakit non BDRS di luar Jakarta.

tag: #corona  #pmi  #donor-darah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...