Oleh Rihad pada hari Senin, 15 Jun 2020 - 08:29:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Donor Darah Saat Pandemi Corona, Amankah?

tscom_news_photo_1592184579.jpg
Ilustrasi donor darah (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketersediaan darah menurun akibat pedonor berkurang seiring dengan kekhawatiran saat pandemi COVID-19. Banyak yang khawatir apakah mendonorkan darah pada saat pandemi Corona aman?

Ketua Tim untuk Darah dan Produk Asal Manusia lainnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jakarta, Yuyun Maryuningsih menyatakan mendonorkan darah saat pandemi COVID-19 cukup aman. dilakukan asal tetap mengikuti protokol kesehatan. “Tentu saja aman donor saat COVID-19 masih terjadi, selama tetap mengikuti aturan kesehatan,” kata Yuyun, Minggu malam (14/6).

Seperti diketahui, transmisi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 berasal dari tetesan kecil (droplet) saat seseorang yang terjangkit penyakit tersebut bersin atau batuk. Jadi sangat penting untuk pusat transfusi darah selalu membersihkan atau menyemprotkan disinfektan semua ruangan dan area lainnya dalam gedung yang menjadi pusat donor darah.

Pendonor juga harus menjaga jarak, petugas harus menggunakan sarung tangan, keduanya harus selalu memakai masker, sementara pengelola pusat donor darah perlu memastikan ventilasi ruangan yang digunakan mendonorkan darah terjaga baik agar pertukaran udara tidak terhambat, lanjutnya.

Selain itu, Yuyun menyarankan pendonor mengisi formulir yang dapat memudahkan pelacakan atau tracking jika di kemudian hari diketahui ada yang terpapar COVID-19.

Jika pendonor sakit tidak perlu dulu mendatangi pusat donor darah, jangan pula datang bersamaan dalam jumlah banyak, usahakan tidak didampingi, dan ia menyarankan tidak terlalu banyak bicara saat melaksanakan donor darah. “Jadi masih aman untuk donor darah di masa pandemi,” kata Yuyun.

Ia juga mengatakan ada baiknya proses pengambilan darah dilakukan di lokasi terbuka, selain membatasi jumlah pendonor di satu waktu yang sama guna menghindari terjadinya kerumunan massa.

Anjuran Wagub DKi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak masyarakat tidak takut mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) saat pandemi COVID-19.

"Jangan takut meskipun di masa COVID-19 dan jangan khawatir, justru saat ini bantuan darah lebih penting dibanding hari sebelumnya," kata Ahmad Riza Patria (Ariza) melalui keterangan tertulis di Jakarta, Ahad.

Ariza menyatakan itu saat mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Hari Donor Darah sedunia di Kantor PMI DKI Jakarta.

Ariza menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan berkontribusi menjaga ketersediaan darah di PMI Jakarta karena permintaan stok darah yang tinggi.

Ariza berjanji Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyosialisasikan gerakan donor darah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mendonorkan darah di PMI.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengungkapkan Hari Donor Darah sedunia kali ini mengusung tema "Darah Yang Aman, Selamatkan Jiwa" (Save Blood, Saves Lives).

Kalla menjelaskan kegiatan donor darah saat masa pandemi COVID-19 tetap berdasarkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus.

Dituturkan mantan Wakil Presiden RI itu, kegiatan donor darah di PMI menjunjung tinggi semangat kebersamaan, nilai kemanusiaan serta kepalangmerahan untuk membantu seluruh umat manusia dari berbagai kalangan dan latar belakang.

Unit Transfusi darah (UTD) PMI Provinsi DKI Jakarta bersama Cabang UTD mampu mengumpulkan 1.000 pedonor darah sukarela per hari untuk melayani 49 rumah sakit dengan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS), 168 rumah sakit non BDRS di Jakarta dan 246 rumah sakit non BDRS di luar Jakarta.

tag: #corona  #pmi  #donor-darah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Ragam

Kemenag dan BPIP Serukan Toleransi Lewat Keluarga dan Agama

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Jumat, 10 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Keluarga menjadi lingkungan pertama bagi manusia untuk membentuk karakter. Tumbuh kembang akal dan tindakan manusia bermula dari negara kecil ini sebelum ia menuju negara ...
Ragam

Anabul Pet Center Hadirkan One Stop Shopping Khusus Cat Lovers di Depok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mencari tempat perawatan kucing yang menyeluruh dan aman bukanlah hal yang mudah, terutama di wilayah Depok. Beranjak dari keresahan tersebut, Riri Ariwarna bersama tiga ...