Berita
Oleh Alfin Pulungan pada hari Tuesday, 16 Jun 2020 - 08:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pesawat TNI Jatuh, Anggota Komisi I Minta Panglima TNI Lakukan Inspeksi Alutsista

tscom_news_photo_1592265229.jpg
Ilustrasi pesawat TNI jatuh (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta jajarannya melakukan investigasi terhadapjatuhnya pesawat tempur jenis Hawk 209 milik TNI AU di Kabupaten Kampar, Riau, Senin, 15 Juni 2020.

Politikus Golkar ini juga meminta Panglima TNI melakukan inspeksi ulang kesiapanseluruh alutsista yang dimiliki mengingat beberapa diantara alutsista yang dimiliki Indonesia sudah berusia tua.

"Saya akan meminta Panglima TNI beserta jajaran, agar dilakukan investigasi lengkap atas kejadian tersebut, dan inspeksi ulang kesiapan alutsista senjata yang diawaki seperti pesawat, heli, kapal selam, dan lain-lain yang sudah berumur lebih 5-10th," kata Bobby melalui pesan singkat kepada TeropongSenayan, Senin, 15 Juni 2020.

Bobby juga meyakini anggota TNI tentu sudah melakukan persiapan dengan protokol keamanan yang ketat sebelum menggunakan alutsistanya. Sebab itu, ia meminta dalam proses investigasi TNI benar-benar menyelidiki apakah ada faktor human error atau murni kecelakaan.

"Dalam investigasi harus dapat diidentifikasi apakah ada faktor human error, atau ada tahapan yang dilewati, kombinasi keduanya atau murni kecelakaan," katanya.

Seperti diketahui, Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara mengalami kecelakaan dan jatuh di Kampar, Riau, pada Senin, 15 Juni 2020. Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Fajar Adriyanto, kecelakaan pesawat itu terjadi di dekat Runway 36 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

TNI AU mengonfirmasi bahwa pesawat yang jatuh merupakan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan kapasitas kursi tunggal.Adapun pesawat itu dikendalikan oleh pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail.

"Pada hari ini, Senin (15/6/2020) pukul 08.13 WIB, telah terjadi kecelakaan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209," kata Fajar, kemarin.

tag: #kecelakaan-pesawat  #tni  #bobby-adhityo-rizaldi  #komisi-i  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...