Oleh Tommy pada hari Selasa, 23 Jun 2020 - 14:54:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemikiran Terkait Ideologi dan Pancasila Perlu Berhati-hati

tscom_news_photo_1592898879.jpg
Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai pemikiran, perancangan dan pembicaraan terkait ideologi dan dasar negara Pancasila harus dilakukan secara hati-hati karena menyangkut kerangka dan sistem kehidupan bernegara.

“Kalau keliru, dampaknya sangat besar," kata SBY dalam akun twitternya, Selasa (23/6).

Dia mengatakan, menempatkan ideologi harus tepat dan benar. Hal ini karena proses pembangunan bangsa dan pembuatan konsensus telah dilakukan Indonesia sejak tahun 1945.

“Jangan sampai ada perpecahan ideologi dan perpecahan bangsa akibat hal tersebut karena hanya akan merugikan masyarakat serta ideologi Pancasila itu sendiri.”

Secara pribadi, SBY mengaku, terus mengikuti hiruk pikuk sosial dan politik seputar RUU HIP. Dia juga mengaku, telah membaca dan mengkaji RUU tersebut. Kendati, dia enggan mengemukakan pendapatnya lebih jauh terkait hal itu.

"Tentu ada pendapat dan tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak semakin panas," katanya.

RUU HIP yang telah disahkan menjadi RUU inisiatif DPR alam rapat paripurna DPR pada 12 Mei lalu saat ini tengah ditunda pembahasannya atas permintaan pemerintah.

Dalam draf, RUU HIP disebut sebagai pedoman bagi penyelenggara negara dalam menyusun dan menetapkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Hal itu dinilai perlu untuk menerapkan kebijakan pembangunan nasional di bidang politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, mental, spiritual, pertahanan, dan keamanan. Adapun yang dipermasalahkan terdapat di dalam pasal 7.

Ayat (2) pasal itu menjelaskan bahwa ciri pokok Pancasila berupa Trisila. Ketiganya adalah “sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan”. Kemudian, pasal 7 ayat (3) menyatakan bahwa Trisila sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terkristalisasi dalam ekasila, yaitu gotong-royong.

tag: #ruu-hip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...