Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 08 Jul 2020 - 07:10:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Selama Covid-19 TNI Tingkatkan Pengawasan di Daerah Perbatasan

tscom_news_photo_1594167057.jpeg
TNI (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Asops Kasad) MayjenSurawahadi mengatakan bahwa TNI meningkatkan pengawasan terhadap pelintas batas negara yang legal ataupun ilegal selama pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

"Ada di pos kita yang paling rawan dan memang terbanyak juga untuk yang terkena, yaitu di Pos Entikong. Itu yang paling utama kita," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Panitia Kerja Ketahanan Nasional di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Ia melaporkan bahwa WNI yang melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong itu sejumlah 7.839 orang, sedangkan yang positif COVID-19 sebanyak sembilanorang.

Pos pelintasan Entikong di Kalimantan Barat yang terhubung dengan Malaysia itu, menurut dia, dianggap paling rawan selama pandemi COVID-19.

Ia tak menampik bahwa pos yang dilintasi warga negara Indonesia secara ilegal jumlahnya banyak. Selain di Kalimantan Barat, ia menyatakan,di Kalimantan Timur juga cukup rawan, yakni di pos lintas batas negara Tunon Taka.

"Di Naga Badau dan lain-lain, termasuk kalau di wilayah Kalimantan Timur itu di Tunon Taka, karena yang terbesar memang di sana yang dilewati," ujarnya.

Selain itu, dikatakannya, daerah yang berbatasan dengan Timor Leste pun masuk sebagai daerah rawan pelintasan WNI maupun warga negara asing (WNA) di tengah pandemi COVID-19. Data ini terhitung sejak 18 Maret hingga 30 Juli 2020.

"Kalau yang di Timtim, jadi memang masing-masing wilayah berbeda, itu yang terbanyak karena juga melintasinya, yaitu di Montaain ada1.047 orang yang melintas, termasuk dari WNA yang dari saudara kita ada di Timor Leste," ucap Surawahadi.

tag: #tni  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Bagi Yang Masih Bingung, Inilah Pedoman Pengenaan Pasal Karet di UU ITE

Oleh Rihad
pada hari Wednesday, 23 Jun 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah telah menerbitkan pedoman implementasi pasal tertentu dalam Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dikenal sebagai pasal ...
Berita

Soal Wacana Revisi PP 109/2012, Kementan Berharap Kementerian Terkait Mempertimbangkan Kembali

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Pertanian menyatakan wacana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau ...