Oleh Alfin Pulungan pada hari Minggu, 12 Jul 2020 - 16:47:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Danau Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, Menparekraf: Penopang Sektor Pariwisata

tscom_news_photo_1594546250.jpeg
Danau Toba (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyambut baik atas ditetapkannya Danau Toba di Sumatera Utara sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG).

Ia mengatakan Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO Global Geopark (UGG) sehingga Danau Toba akan semakin terkenal di level dunia dan yang terpenting memberi manfaat bagi masyarakat setempat.

“Danau Toba bisa menjadi sumber pendapatan untuk masyarakat yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan jadi destinasi wisata. Memadukan 3 potensi utama yaitu ‘geodiversity’, ‘biodiversity’, ‘culture diversity’, Danau Toba memiliki peranan penting menopang sektor pariwisata,” katanya dalam keterangan tertulis, Ahad, 12 Juli 2020.

Melalui pengembangan geopariwisata yang berkelanjutan, Wishnutama menuturkan Danau Toba akan membuat masyarakat setempat memiliki peluang untuk meningkatkan budaya, produk lokal, dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas.

“Ini memberi kesempatan plus tanggung jawab bagi Indonesia, untuk mendorong pengembangan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan di kawasan sekitar,” jelasnya.

Wishnutama Kusubandio (kanan) dan Luhut Binsar Panjaitan (kiri) di Danau Toba


Kaldera Toba atau yang lebih dikenal sebagai Danau Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Perancis, Selasa, 2 Juli 2020.

Kaldera Toba berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia, pada 31 Agustus-2 September 2019.

tag: #danau-toba  #unesco  #pariwisata  #kementerian-pariwisata  #wishnutama-kusubandio  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

KPK Akan Periksa Adik Ipar Nurhadi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 04 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera memangil pengacara Rahmat Santoso dan Onggang dalam kasus suap dan gratifikasi perkara di Mahkamah ...
Berita

Dapat Restu Gerindra, Gibran Sebut Ada Amanah Langsung Dari Prabowo Subianto

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bakal Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku senang dapat dukungan dari Gerindra dan Gibran mengaku menerima amanah dari Ketua Umumnya, Prabowo ...