Oleh Rihad pada hari Minggu, 12 Jul 2020 - 20:09:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Klaster Secapa Terungkap dari Kasus Siswa Bisulan

tscom_news_photo_1594559355.jpg
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa saat memantau langsung kondisi terkini di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), di Hegarmanah, Kota Bandung, Sabtu (11/7). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pasien positif Covid-19 yang berasal Secapa AD mencapai 1.280. Dari total tersebut, 991 di antaranya adalah perwira siswa.

Sedangkan sisanya 289 staf atau anggota dari Secapa AD beserta keluarganya. Terhitung ada enam anggota keluarga.

Asal muasal penularan Corona di Secapa AD itu diceritakan

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa saat memantau langsung kondisi terkini di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), di Hegarmanah, Kota Bandung, Sabtu (11/7).

Dalam jumpa pers di Markas Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Bandung, Sabtu (11/7), Andika menjelaskan, awal temuan kasus positif di Secapa AD, tepatnya dua pekan lalu, ia mendapatkan laporan pertama dari komandan Secapa AD.

Diawali dari ketidaksengajaan, terangnya, ada dua prajurit siswa Secapa yang berobat ke RS Dustira, Kota Cimahi untuk memeriksakan keluhan penyakit bisul (demam karena infeksi) dan masalah tulang belakang.

"Hari itu juga, saya dilapori, kemudian kami bantu alat rapid test, kirim dari Jakarta sejumlah 1.250 karena jumlah siswa Secapa saat itu dan sampai saat ini adalah 1.198," katanya.

"Namun, karena pertimbangan ada para pelatih yang berinteraksi sehari-hari dengan mereka (siswa), maka akhirnya kami kirim 1.400,” jelasnya.

Akhirnya, ungkap Andika, dilakukan rapid test dengan alat yang telah dikirim tersebut. Dan hasilnya ada 187 yang reaktif.

"Dari sana, kami ingin pastikan lagi, lakukan swab, saya kirim alatnya (untuk swab), kemudian dilakukan test di lab. Dari situlah kemudian sampai akhirnya ditemukan (angka 1.280 positif),” katanya.

Dia mengatakan, saat itu yang masuk rumah sakit ada 30 orang, dengan kategori ringan, tidak ada kategori sedang atau berat. "Dan per hari ini, masih 17 yang dirawat di RS Dustira. Selebihnya berada di Secapa. Dari 17 itu, satu sudah negatif dan 16 yang masih positif, tetapi semuanya sudah tidak merasakan gejala apapun juga dan satu yang negatif tetap di sana karena masalah TBC, paru-paru,” urainya.

"Sisanya yang saya jumpai barusan di Secapa, saya tanya satu per satu, saya ambil tiga secara random, tidak ada pengkondisian. Saya tanya apa yang dirasakan, yang dirasakan sama sekali tidak ada. Jadi itu situasi yang sekarang,” imbuhnya.

Kemudian, ia mengungkapkan, sejak Selasa kemarin juga telah dilakukan swab test kedua, dan itu masih dilakukan.

“Kami akan menuntaskan swab kedua sampai didapat (hasil), kemudian berangkat dari situ (dilakukan upaya penanganan),” imbuhnya.

Bagi yang sudah negatif, lanjut Andika, sekarang sudah dipisahkan dari yang positif, di tempat berbeda, tetapi masih di lingkungan Secapa.

"Dan kami sudah siapkan (tempat) apabila hasil dari 296 tadi jika ada yang negatif,” tuturnya.

Dari Bandung, Andika juga menuju ke Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) di Cimahi untuk melihat 101 prajurit yang juga positif. Dari jumlah 101 itu, 25 di antaranya staf dan anggota dari Pusdikpom sendiri. Sedangkan 76 lainnya adalah siswa.

tag: #corona  #satgas-covid-19  #covid-19  #kota-bandung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

KPK Akan Periksa Adik Ipar Nurhadi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 04 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera memangil pengacara Rahmat Santoso dan Onggang dalam kasus suap dan gratifikasi perkara di Mahkamah ...
Berita

Dapat Restu Gerindra, Gibran Sebut Ada Amanah Langsung Dari Prabowo Subianto

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bakal Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku senang dapat dukungan dari Gerindra dan Gibran mengaku menerima amanah dari Ketua Umumnya, Prabowo ...