Oleh Bachtiar pada hari Senin, 13 Jul 2020 - 15:55:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Saksi Kasus Jiwasraya Sebut Ada Empat Saham Bakrie di Skandal Jiwasraya, Seperti Apa?

tscom_news_photo_1594630517.jpg
Logo Jiwasraya (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang digelar Senin (13/07) mengungkap bahwa ada empat saham Grup Bakrie yang diduga ikut investasi Jiwasraya yang akhirnya menimbulkan kerugian.

Menurut Kepala Divisi Investasi Faisal Satria Gumay yang dihadirkan sebagai saksi, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam hasil auditnya menyebutkan bahwa Jiwasraya berinvestasi di instrumen saham maupun reksa dana saham yang tidak berkualitas atau tidak memiliki potensi untuk bertumbuh optimal.

"Untuk produk reksa dana, Asuransi Jiwasraya memegang reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana terproteksi," ujar Faisal sembari menyebutkan bahwa ada beberapa saham yang ada dalam semua underlying instrumen reksa dana yang dipegang Jiwasraya, salah satunya adalah saham PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR).

Berdasarkan analisa, kata Faisal, pada 2014 Asuransi Jiwasraya menempatkan dana di reksa dana saham yang produknya dibuat berdasarkan permintaan Jiwasraya dan mendapatkan kesepakatan bersama dengan Manajer Investasi.

"MI diminta untuk membikinkan produk khusus untuk AJS," ucapnya.

Dia menyatakan, penurunan aset investasi pada reksa dana saham yang dimiliki Jiwasraya merupakan imbas dari kesepakatan-kesepakatan yang terjadi sejak 2014 tersebut.

"Sekarang, kondisi reksa dana saham yang dipegang AJS itu adalah imbas dari acc (accord/kesepakatan) yang sebelum-sebelumnya," ungkap Faisal.

Analisa Faisal selaku Kepala Divisi Investasi Jiwasraya menemukan fakta bahwa ada 24 emiten yang sahamnya menjadi basis reksa dana milik Jiwasraya mengalami penurunan harga hingga menyentuh level terendah Rp50 per lebar.

"Dari 24 saham itu, ada dua emiten yang delisting dari Bursa Efek Indonesia (BEI)," ujar Faisal.

Yang menarik dari fakta persidangan tersebut, terdapat empat emiten yang merupakan perusahaan dari Grup Bakrie, yakni PT Darma Henwa Tbk (DEWA), PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) dan PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL).

Selain empat saham tersebut, Faisal merincikan bahwa saham-saham "gocap" berikutnya, antara lain BTEK, JGLE, SMRU, ARMY, ARTI, BIPI, BORN, CNKO, ELTY, HADE, IIKP, KBRI, MTFN, MYRX, RIMO, SIMA, SUGI, TRAM dan TMPI.

"Dua saham yang sudah delisting adalah PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) dan PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP)," papar Faisal.

tag: #jiwasraya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...