Oleh Sahlan Ake pada hari Wednesday, 15 Jul 2020 - 17:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pasangan Muda Erwin-Apri Didukung Tiga Partai, Pilkada Samarinda Diprediksi Sengit

tscom_news_photo_1594810652.jpg
bakal calon wali kota dan wakil wali kota Samarinda, Erwin Izharuddin dan Apri Gunawan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pasangan muda bakal calon wali kota dan wakil wali kota Samarinda, Erwin Izharuddin dan Apri Gunawan, dikabarkan telah mengantongi dukungan tiga partai untuk mengarungi Pilkada Samarinda 2020.

Ketiga partai itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Persaingan pun diprediksi berlangsung sengit.

Menanggapi hal itu Pengamat Politik dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Sony Sudiar menilai, pasangan muda ini akan membuat kontestasi Pilkada 9 Desember mendatang semakin semarak.

“Jika benar, maka kontestasi Pilkada Samarinda menjadi sangat sengit. Mengingat Erwin-Apri representasi anak muda Samarinda yang notabene memiliki latar belakang berkiprah di dunia bisnis,” ujar Sony dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/7/2020).

Sementara, mengenai kemungkinan arah dukungan partai Golkar, satu dari empat partai pemilik kursi di DPRD Samarinda yang tersisa, akademisi Unmul ini belum dapat memprediksi. Poros mana yang akan dipilih jika Golkar tinggal seorang diri, menurut Sony, bergantung pimpinan DPD memilih koalisi.

“Sangat tergantung pada pimpinan DPD dalam memilih koalisi, kecenderungan belum bisa dibaca (saat ini), Mas,” jelasnya.

Lantas, bagaimana peluang pasangan Barkati-Darlis (Badar) jika tiga partai tersebut mengusung Erwin-Apri.

Diketahui, Darlis yang juga Ketua DPW PAN Kaltim diwartakan telah mengantongi SK DPP PAN, sebagai calon wakil Barkati. Meskipun, sejak awal yang muncul di ruang publik akan bertarung di Samarinda adalah Erwin, sementara Darlis di Kutai Kartanegara.

Sony menegaskan, pasangan Badar masih memiliki peluang untuk masuk dalam gelanggang pilkada. Badar harus bekerja lebih kuat lagi untuk mendapatkan dukungan dari partai tersisa. Kendati tinggal satu, bukan tidak mungkin partai dari koalisi yang sudah deklarasi bersama bapaslon lain untuk berbalik arah. Peluang masih terbuka sepanjang komunikasi politik yang dilakukan intens dan militan untuk mendapat dukungan dari parpol yang tersisa.

Sebelumnya, beberapa pasangan bakal calon telah mendeklarasikan diri. Mereka adalah Andi Harun-Rusmadi yang mengklaim didukung Gerindra, PPP, PKB, PKS, Nasdem, dan Hanura. Lalu Barkati dan Darlis Pattalongi yang kabarnya didukung PAN. Ada juga pasangan independen yakni Zairin Zain-Sarwono, dan Parawansa Assoniwora-Markus Taruk Allo.

Pasangan muda Erwin-Apri termasuk yang belakangan muncul. Namun, belakangan pula mereka justru dikabarkan mendulang dukungan 3 partai.

“InsyaAllah didukung 3 partai, PDIP, PAN, dan Partai Demokrat,” kata sumber, Rabu (15/7/2020).

Klaim itu dibarengi
banyaknya beredar postingan dengan gambar foto Erwin-Apri berdampingan sebagai pasangan calon wali kota-wakil wali kota Samarinda.

Diketahui, Erwin dan Apri adalah pengusaha muda sukses asli Samarinda. Erwin berbisnis di bidang migas, sementara Apri di bidang perkebunan. Keduanya merangkak dari bawah. Erwin pernah menjadi sales, dan Apri pernah bekerja sebagai mekanik. Dari segi usia, pasangan ini termasuk paling muda. Erwin 46 tahun, Apri baru memasuki 40 tahun.

tag: #pilkada-2020  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement