Oleh Rihad pada hari Sabtu, 01 Agu 2020 - 22:05:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Bawang Putih Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Rahasia Umur Panjang

tscom_news_photo_1596294315.jpg
bawang putih (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Bawang putih dengan nama ilmiah Allium sativum bermanfaat baik untuk kesehatan kita. Warga negara Pennsylvania, bernama Virginia usia 89 tahun, mengaku gemar makan orak-arik telur dengan siraman bubuk bawang putih. Eddie Doyle sang cucu menyatakan sudah sejak lama neneknya mengkonsumsi bawang putih. "Bawang putih selalu menjadi makanan pokok, dan saya dengar dia menambah asupan sejak COVID-19 karena itu antivirus dan antibakteri," katanya dikutip dari Today Food.

Jyortirmaya Behera, PhD dari Universitas Louisville, menyatakan senyawa allyl sulfide di dalam bawang putih dapat meningkatkan kesehatan kognitif pada lansia. Tak hanya itu, bawang putih juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, mencegah flu, hingga menjaga kesehatan kulit.

Sudah banyak cerita tentang manfaat bawang putih. Kandungan antioksidan di dalam bawang putih dapat dimanfaatkan untuk kekebalan tubuh. Nah, saat flu mendera, bawang putih pun bisa digunakan sebagai obat. Buatlah seduhan bawang putih, dengan cara merajangnya hingga halus, dan kemudian diseduh air panas. Diamkan selama beberapa menit, lalu tiriskan dan diminum. Kita bisa menambahkan sedikit madu atau jahe untuk menciptakan rasa yang lebih enak.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan, tikus yang mengonsumsi makanan kaya bawang putih mengurangi berat dan lemak di tubuhnya. Demi memanfaatkan kandungan tersebut, usahakanlah memasak dengan bawang putih setiap hari.

Bahkan bawang putih mencegah kerontokan rambut. Bawang putih bisa mengakhiri masalah kerontokan rambut, karena kandungan allicin yang tinggi. Gosokkan siung bawang putih di kulit kepala, peras cairan hingga membasahi kulit kepala untuk manfaat yang lebih besar. Bawang putih juga merupakan pemurni darah alami. Ambil dua siung bawang putih mentah dengan air hangat setiap hari. Konsumsilah itu di pagi hari, lalu pastikan meminum banyak air di sepanjang hari.

tag: #bawang-putih  #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Ragam

Garam dari Rumput Laut, Asin dan Menyehatkan

Oleh Rihad
pada hari Tuesday, 15 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Dosen IPB University Prof. Nurjanah berhasil menciptakan inovasi produk garam yang berasal dari rumput laut. Garamnya tetap asin tapi menyehatkan. "Terciptanya inovasi ...
Ragam

Pertamina Gandeng Maudy Ayunda Sebagai Role Model Bagi Pemimpin Muda

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pertamina Foundation menggandeng Maudy Ayunda dalam program PFMuda untuk pengembangan kapasitas bagi pemimpin muda  menyelesaikan isu sosial dan lingkungan di ...