Oleh Alfin Pulungan pada hari Rabu, 05 Agu 2020 - 16:28:33 WIB
Bagikan Berita ini :

TNI Luncurkan Pasukan Garuda Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon

tscom_news_photo_1596611816.jpeg
Pasukan Satgas TNI Kontingen Garuda (KONGA) United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pasukan TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kontingen Garuda XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) turut membantu mengevakuasi korban yang terdampak ledakan di Beirut, Lebanon. Ledakan itu terjadi pada Selasa 4 Agustus 2020.

"Anggota kita Satgas Hospital Level 2 telah berangkat dari Naquora untuk membantu penanganan akibat ledakan tersebut," kata Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang di Jakarta, Rabu 5 Agustus 2020.

Menurutnya, Kontingen Garuda atau Satgas Konga juga menurunkan personel ke Kota Beirut untuk membantu evakuasi korban. "Sekarang meluncur ke Beirut untuk membantu evakuasi korban ledakan atas perintah UNIFIL," katanya.

Adapun jumlah personel yang diterjunkan dari Unifil Hospital, kata Victor, terdiri dari satu unit ambulans dari Hospital LV.1 yang dipimpin oleh Kapten Ckm dr Doni Saputera SpRad, satu anggota Serka Syehta dan satu orang supir ambulans India CSGT Musthaq Bhat.

Puing-puing pasca ledakan di Beirut


Sebelumnya, ledakan dahsyat terjadi di Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8/2020) waktu setempat. Ledakan ini meratakan pelabuhan kota, merusak gedung-gedung di seluruh ibu kota dan membuat awan jamur raksasa ke langit.

Hingga pagi ini waktu Indonesia Barat, dilaporkan lebih dari 70 orang tewas dan 3.000 luka-luka, dengan jenazah yang terkubur di reruntuhan, kata para pejabat.

Ledakan itu menghantam dengan kekuatan gempa magnitudo 3,5 menurut pusat geosains Jerman GFZ. Ledakan didengar dan dirasakan sejauh Siprus lebih dari 200 kilometer (180 mil) melintasi Mediterania.

tag: #tni  #lebanon  #indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...