Oleh windarto pada hari Selasa, 11 Agu 2020 - 06:44:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Peduli Kemanusian, Konas Menwa Indonesia Gandeng PMI DKI Gelar Baksos Donor Darah

tscom_news_photo_1597103061.jpg
Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria ditemani Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali meninjau kegiatan baksos donor darah yang digelar Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) di Kantor Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan pada minggu, 9/8/2020. (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) Indonesia kembali menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) guna membantu penanganan covid-19 di Kantor Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan pada minggu, 9/8/2020.

Seperti beberapa baksos sebelumnya yang dilakukan Barisan kader bela negara ini turut menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan baksos ini mengikuti himbauan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria untuk membantu PMI menambah stok darah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, yang juga Dankonas Menwa Indonesia turut menghadiri kegiatan donor darah yang diselenggarakan para kader bela negara tersebut. Dalam kesempatan itu A. Riza Patria menyambut baik kegiatan donor darah yang digelar Konas Manwa tersebut untuk membantu PMI DKI menambah kebutuhan stok darah di Ibu Kota yang meningkat seiring dengan pandemi virus corona atau Covid-19. Namun, di sisi lain dampak dari pandemi, ketersediaan stok darah di PMI DKI Jakarta semakin berkurang karena sulit mencari pendonor.

Dikatakan Ariza, kegiatan donor darah ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi sosial antara Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD Peduli, Kementerian Sosial Republik Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan Konas Menwa Indonesia.

"Jadi kebutuhan kita saat ini perhari rata-rata di atas 1.000 kantong darah. Namun sejauh ini rata-rata dalam situasi pandemi, PMI DKI hanya berhasil mengumpulkan 100 hingga 200 kantong darah. Karena itu, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan sosial seperti yang dilakukan Konas Menwa Indonesia bekerja sama dengan PMI dan pihak lainnya" ujar Wagub Ariza dalam keterangan resminya, Senin 10/8.

Ia menyebutkan untuk di Jakarta Selatan saja, kebutuhan stok darah mencapai 1.400 hingga 1.500 kantong darah per bulan. Untuk itu, Wagub Ariza mengharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat Jakarta untuk mendonorkan darahnya, khususnya bagi yang sehat. Dan saat meninjau para pendonor Ariza juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan baksos donor darah sebagaimana yang dilakukan Menwa Indonesia dan mendorong organisasi lainnya melakukan hal yang sama untuk menjalin sinergi dengan banyak pihak

Di acara yang sama, Wadankonas Menwa Indonesia, Erwin H. Al-Jakartaty mengatakan kegiatan baksos seperti ini rutin dilakukan sebagai bagian dari kesiapsiagaan Menwa dalam hadapi bencana. Untuk itu kita harus langsung bergerak bersama pemerintah dan masyarakat untuk membantu melaksanakan donor darah membantu tugas PMI untuk kemanusiaan, dan setiap pendonor kita berikan paket sembako yang merupakan bantuan dari BUMD Peduli dan Kementerian Sosial,.

Sebelumnya Tokoh pemuda nasional ini cukup aktif memimpin para anggota Menwa melaksanakan berbagai kegiatan tanggap bencana di berbagai wilayah, terlebih di masa pandemi covid-19 merajalela ini.

Sekedar informasi, dalam kegiatan aksi donor darah tersebut, turut hadir para pejabat diantaranya Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Nurhasan, Walikota Jakarta Selatan Selatan Marullah Matali, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf, Camat Pasar Minggu Arif Wibowo dan Lurah Ragunan Joko Padmono. Juga tampak hadir perwakilan berbagai organisasi lainnya seperti Karang Taruna, FKDM, Pemuda Pancasila, SEHATY, Silaturahmi Besan Betawi (SBB) dan juga Relawan Rekan Indonesia.

Erwin menambahkan para pendonor darah yg datang turut diberikan apresiasi dan bantuan sosial berupa paket sembako. Paket sembako yang difasilitasi oleh BUMD Peduli dan Kementerian Sosial Republik Indonesia tersebut diberikan kepada sekitar 200 pendonor darah. Sedang sisanya sebanyak 300 paket lainnya dibagikan kepada warga 2 RW di kelurahan Ragunan.

“Semoga kegiatan serupa bisa rutin dilakukan, agar kolaborasi sosial yang terjalin antara Konas Menwa Indonesia, Pemprov DKI Jakarta dan PMI DKI Jakarta menghasilkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas,” tandas Erwin.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...