Oleh Givary Apriman pada hari Kamis, 20 Agu 2020 - 19:20:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Usai Jadi Deklarator KAMI, Gatot Buka Peluang Maju Capres di 2024

tscom_news_photo_1597925944.JPG
Gatot Nurmantyo ketika menghadiri Deklarasi KAMI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kehadiran Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo di dalam Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) sebagai deklarator mempunyai nilai tambah tersendiri.

Sebagai deklarator, kini Gatot menjadi salah satu pemegang kendali bersama dengan mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Usai deklarasi KAMI tersebut, Pengamat Politik Adi Prayitno menilai Gatot Nurmantyo berpeluang besar untuk menjadi calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 nanti.

Adi mengatakan kalau Gatot akan mendulang dukungan dari masyarakat, asalkan sesuai syarat undang-undang.

"Saya kira mungkin saja begitu (Gatot mencoba peruntungan maju sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2024)," kata Adi, ketika dikonfirmasi, Kamis (20/08/2020).

Kehadiran Gatot dalam KAMI akan memperkuat posisinya, sebab pada Pilpres 2019 saja namanya sudah masuk dalam bursa Capres dan banyak relawan yang mendukungnya.

Meski begitu, Akademisi Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta ini menilai kemungkinan tersebut sangat kecil mengingat Gatot bukan merupakan tokoh partai politik.

Sementara menurut aturan yang berlaku, untuk dapat maju sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden harus diusung oleh partai politik.

Pasalnya, KAMI bukanlah sebuah partai politik sehingga tidak memiliki legitimasi untuk mengusung pasangan capres-cawapres nantinya.

"Problemnya kan KAMI tak bisa dijadikan kendaraan politik. Kalau mau nyapres harus punya dukungan parpol untuk menggenapi 20 persen ambang batas presiden. Organisasi macam KAMI tak bisa mencapreskan orang, jadi wajib parpol," tutupnya.

tag: #gatot-nurmantyo  #kami  #presiden2024  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Kenali Sosok Yahya Waloni, Muallaf yang Dijuluki Ustadz 'Pansos'

Oleh
pada hari Senin, 20 Apr 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Nama Yahya Waloni sudah lama dikenal publik sebagai penceramah. Sama seperti Felix Siauw, Yahya juga merupakan seorang mualaf yang terjun sebagai penceramah di ...
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Bengkulu Diguncang Gempa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 24 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Provinsi Bengkulu diguncang Gempa dengan Magnitudo (M=) 4,9, Minggu (24/1/2021), pukul 20.03 WIB. BMKG menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami.  Dari analisis ...
Berita

Garuda Indonesia Tetap Disiplin dalam Perawatan Meski Pandemi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan bahwa pihaknya tetap konsisten dalam melakukan perawatan pesawat. Hal tersebut tetap dilakukan meski dalam masa ...