Oleh Alfin Pulungan pada hari Rabu, 26 Agu 2020 - 20:18:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR Minta KPU dan Bawaslu se-Sumatera Barat Pastikan Pilkada 2020 Berjalan Aman

tscom_news_photo_1598447900.jpeg
Anggota DPR dari dapil Sumatera Barat II, Guspardi Gaus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Provinsi Sumatera Barat menyatakan telah siap melaksanakan Pilkada 9 Desember 2020. Berangkat dari ini, anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus meminta KPU dan Bawaslu se-Sumatera Barat memastikan Pilkada yang akan berlangsung di tengah pandemi nanti bisa berjalan lancar tanpa adanya petugas atau masyarakat yang terpapar Covid-19.

Hal ini disampaikan Guspardi saat menghadiri rapat koordinasi kesiapan pilkada serentak tahun 2020 dan pengarahan kepada satgas Covid-19 di Provinsi Sumbar bersama Mentri Dalam Negeri di Hotel Inna Muara, Kota Padang, Selasa, 25 Agustus 2020.

Legislator dapil Sumbar II ini menegaskan Pilkada 9 Desember 2020 merupakan putusan final yang telah disepakati antara pemerintah dan DPR. Hal itu sebagaimana diatur dalam Perppu Nomor 2 Tahun 2020. Menurutnya, alasan pemerintah tidak mengundur Pilkada serentak 2020, karena dari 45 negara yang melaksanakan pemilu di tahun ini, tak satupun yang menunda Pilkada mereka ke tahun 2021.

"Dasar pemikirannya adalah, karena tak ada yang bisa memastikan dan memprediksi Covid-19 ini akan berakhir 2020. Sehingga pemerintah dan semua fraksi di DPR sepakat Pilkada ini tetap dilaksanakan 9 Desember 2020," kata Guspardi kepada wartawan, Rabu, 26 Agustus 2020.

"Oleh karena itu, kami dari Komisi II DPR meminta pada KPU dan Bawaslu se Sumatera Barat dalam melaksanakan Pilkada 9 Desember nanti untuk bisa mematuhi protokoler kesehatan dan memastikan semua berjalan aman, tanpa adanya penyelenggara atau pemilih yang terpapar," sambungnya.

Senada, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, berharap momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tak menjadi media penularan Covid-19. Bahkan, Ia ingin menjadikan Pilkada menjadi gelombang untuk memobilisasi masyarakat menjadi agen perlawanan Covid-19.

Lebih lanjut Tito menuturkan bahwa pandemi Covid-19 merupakan masalah global yang membutuhkan penanganan secara serentak dan menyeluruh. “Perlu keserentakan dan kesungguhan, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/ kota. Artinya butuh dukungan dari semua jajaran pemerintahan,” tuturnya.

Tiro juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran atas berbagai upaya sistematis yang telah dilakukan dalam memerangi Covid-19 di Ranah Minang. Ia mengakui strategi penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat telah berada pada jalur yang tepat alias on the track.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyatakan kesiapannya dalam menyongsong penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada serentak mendatang.

“Alhamdulillah, berjalan sesuai dengan tahapan yang telah diputuskan, Insya Allah Sumbar siap menggelar pilkada serentak dimasa Covid-19 ini,” ucapnya.

tag: #pilkada-2020  #sumatera-barat  #komisi-ii  #guspardi-gaus  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement