Oleh Alfin Pulungan pada hari Sabtu, 29 Agu 2020 - 10:56:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Malam Ini, BPIP Akan Berikan Penganugerahan untuk 75 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila 2020

tscom_news_photo_1598673292.jpg
Pelaksana Tugas Deputi Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP, Dr. Ani Purwanti (Sumber foto : Humas BPIP)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) malam ini akan menggelar penganugerahan 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila tahun 2020. Penganugerahan tersebut akan ditayangkan di stasiun Televisi Nasional pada sabtu, (29/8/2020) pukul 18.30 WIB.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP Dr. Ani Purwanti mengatakan penganugerahan apresiasi prestasi Pancasila ini telah dilaksanakan sebanyak 3 kali sejak 2017, 2019 dan 2020. Pemberian apresiasi prestasi Pancasila ini merupakan salah satu advokasi positif BPIP kepada masyarakat.

“Iya, malam ini acaranya. Karena kondisi saat ini masih rawan pandemik Covid 19, jadi malam penganugerahan ini berbasis virtual dan akan disiarkan TV Nasional. Insya Allah Ibu Ketua Dewan Pengarah BPIP, Ibu Mega berkenan memberikan sambutan,” kata Ani saat dihubungi wartawan, Sabtu 29 Agustus 2020.

Ani mengungkapkan, mereka yang terpilih menerima penganugerahan ini adalah orang-orang yang memiliki prestasi, inovasi yang diakui dan bermanfaat serta memiliki dampak positif bagi masyarakat, bangsa dan negara maupun dunia internasional.

Para Peraih Apresiasi Prestasi Pancasila (Ikon Prestasi Pancasila) merupakan bukti nyata bahwa nilai-nilai Pancasila masih terpelihara dengan baik di bumi Indonesia

“Apresiasi Prestasi Pancasila tahun 2020 ini terbagi dalam lima Kategori yaitu Bidang Olah Raga, Seni Budaya, Sains dan Inovasi, Kewirausahaan Sosial serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman,” kata perempuan yang pernah menjadi dosen Pancasila selama 30 tahun di Undip Semarang ini.

Para peraih Ikon Prestasi diharapkan menjadi teladan dan panutan serta dapat menginspirasi masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih jauh ia mengungkapkan bahwa kriteria pemilihan Ikon Prestasi Pancasila ini adalah Warga Negara Indonesia yang mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila yaitu:

1. Memiliki rekam jejak yang positif;
2. Memiliki prestasi atau karya inovasi dan inspiratif;
3. Prestasi atau karyanya diakui oleh masyarakat, bangsa dan negara dan atau internasional;
4. Karya atau Tindakan yang memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia;
5. Memberikan inspirasi kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

“Membudayakan nilai nilai Pancasila di seluruh lapisan masyarakat merupakan hal yang penting agar menjadi pendirian hidup dan laku hidup sehingga Pancasila tidak hanya dimengerti sebagai teks dalam kajian ilmiah atau pengetahuan, tetapi dapat dimengerti dalam hal hal sederhana yang terlihat dan tampak dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Ani.

Sementara itu, Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, dalam sambutannya secara virtual mengucapkan selamat dan sukses kepada 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila. Ia berharap kepada 75 ikon prestasi Pancasila dapat menjadi mitra BPIP dan terus semangat dalam mewujudkan Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"Saya berharap para ikon Pancasila akan menjadi Mitra BPIP, sebagai Panutan, sebagai pelopor dalam mengarusutamakan Pancasila kepada masyarakat luas sesuai dengan bidang Ibu Bapak dan Saudara saudari masing masing," ucap Yudian.

Selain ditayangkan di TVRI, malam penganugerahan 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila tahun 2020 ini juga akan ditayangkan melalui kanal Youtube BPIP dimeriahkan sejumlah tokoh dan musisi Indonesia seperti K.H Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus, Addie MS, Trie Utami, Alffy Rev, Dewa Bujana, dan Didik Nini Thowok yang merupakan Ikon Prestasi Pancasila tahun 2017 dan 2019.

tag: #apresiasi-prestasi-pancasila-2020  #bpip  #pancasila  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...