Oleh Rihad pada hari Sabtu, 12 Sep 2020 - 14:09:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Perhatikan, Daftar Tambahan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jaksel

tscom_news_photo_1599894476.png
Salah satu rumah sakit rujukan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Untuk mengantisipasi penambahan pasien Covid 19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjuk 14 dari 52 jumlah total rumah sakit di wilayah Kota Jakarta Selatan untuk menjadi rumah sakit rujukan penanggulangan COVID-19.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan, Muhammad Helmy mengatakan penunjukkan 14 rumah sakit tersebut sesuai dengan SK Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sejak Senin (7/9) lalu.

"Di antara 14 rumah sakit itu ada empat rumah sakit umum daerah (RSUD) Jakarta Selatan yakni RSUD Pasar Minggu, Jati Padang, Kebayoran Lama dan Kebayoran Baru," kata Helmy.

Menurut Helmy, ke 14 rumah sakit tersebut ditunjuk khusus menangani pasien COVID-19 sehingga pasien non COVID-19 dialihkan ke rumah sakit lain di sekitarnya.

Namun, lanjut Helmy, rumah sakit lainnya juga diminta untuk meningkatkan kapasitas ruangannya untuk pasien COVID-19."Bedanya rumah sakit yang lain boleh merawat pasien non COVID-19," ujar Helmy.

Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi Dinas Kesehatan DKI yakni @dinkedki merilis daftar rumah sakit rujukan penanggulangan COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta.

Penunjukkan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) No. HK 01.07/MENKES/169/2020 dan Keputusan Gubernur No. 494 Tahun 2020.

Keputusan Gubernur No 494 Tahun 2020 tentang perubahan atas Keputusan Gubernur Nomor 378 Tahun 2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Corona virus Disease (COVID-19).

Pada Keputusan Gubernur Nomor 378 Tahun 2020, hanya ada tujuh rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanggulangan COVID-19, salah satunya RSUD Pasar Minggu di Jakarta Selatan.

Dengan diterbitkannya Keputusan Gubernur Nomor 494 Tahun 2020, jumlah rumah sakit rujukan penanggulangan COVID-19 bertambah menjadi 59 rumah sakit.

Daftar tersebut merinci nama rumah sakit beserta alamatnya yang terdapat di lima Kota Administrasi DKI Jakarta.

Untuk Jakarta Selatan, selain empat RSUD yang sudah disebutkan Kasudinkes Muhammad Helmy, terdapat 10 rumah sakit swasta maupun milik pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Promosi Kesehatan dan Humas RSUP Fatmawati Atom Kadam mengatakan RSUP Fatmawati sudah dari awal pandemi mewabah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 yakni sejak Maret 2020.

"Kesiapan kami dengan mempersiapkan sarana dan prasarana termasuk SDM. Pasien non covid tetap dilayani, karena untuk ruang perawatan covid tempatnya terpisah," ujar Atom.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Jakarta Selatan, M Yadi Permana mengingatkan masyarakat untuk sadar akan bahaya COVID-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan.

Menurut dia, saat ini wilayah Jakarta Selatan kembali memasuki zona merah COVID-19, angka kasus dapat meningkat setiap tiap harinya apabila masyarakat tidak melakukan pencegahan dengan pendisiplinan protokol kesehatan.

"Saat ini beberapa rumah sakit di Jakarta Selatan dijadikan sebagai rumah sakit rujukan COVID-19, salah satunya RSUD Pasar Minggu. Rumah sakit ini diarahkan untuk pasien-pasien COVID-19, sedangkan pasien non covid dialihkan ke rumah sakit lainnya," kata Yadi.

Berikut daftar rumah sakit rujukan di Jakarta Selatan:

RS Pondok Indah,

RS MMC,

RS Medistra,

RS Siloam Mampang Prapatan,

RS Mayapada, RS Prikasih,

RS Andhika,

RS Bhayangkara Sespimma Polri,

RS DR Suyoto Pusrehah Kemhan,

RS Pertamina dan RSUP Fatmawati.

tag: #covid-19  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...