Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 18 Sep 2020 - 06:17:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota Komisi Pertanian DPR Minta Kartu Tani Tidak Rugikan Petani

tscom_news_photo_1600384621.jpeg
Anggota Komisi IV DPR Fraksi Partai Demokrat, Bambang Purwanto (tengah) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Program Kartu Tani yang digagas Kementerian Pertanian mulai diperkenalkan ke sejumlah daerah, salah satunya di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pada Rabu (16/9) lalu, Kartu Tani diserahkan secara simbolis diserahkan kepada perwakilan petani dari Kelompok Tani Bina Tani di Desa Pemuda, Kecamatan Pelaihari.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Kartu Tani akan membuat distribusi bantuan pemerintah kepada kelompok tani menjadi lebih tepat sasaran.

Hal itu termasuk juga dalam pengadaan distribusi pupuk subsidi. Dengan Kartu Tani, distribusi pupuk subsidi akan lebih aman karena mengacu pada e-RDKK yang dibuat by name by address.

“Dengan pola distribusi baru ini diharapkan agar bantuan diberikan pemerintah lebih efektif, lebih tepat kepada pihak yang memang membutuhkan, termasuk bantuan pupuk subsidi,” kata Syahrul dalam siaran pers, Rabu (16/9).

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi Pertanian (Komisi IV) DPR Bambang Purwanto menyambut positif diluncurkannya program Kartu Tani di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan, Kamis (17/9/2020).

Program tersebut menurutnya sangat membantu distribusi pupuk subsidi seperti yang dijanjikan pemerintah. Selain itu, Kartu Tani yang dikeluarkan pihak bank, bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi di ATM, seperti menarik maupun transfer.

Kartu Tani


Politikus Partai Demokrat ini mengungkapkan bahwa peluncuran Kartu Tani sesuai dengan hasil rapat dengar pendapat dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Saat itu, pemerintah dan DPR sepakat untuk melakukan uji coba di satu daerah terlebih dahulu.

"Ketika lebih efektif dan petaninya merasakan adanya kemudahan dengan metode ini, baru diterapkan di seluruh Indonesia," kata Bambang saat dihubungi, Kamis (17/9).

Legislator dari Kalimantan Tengah ini Kartu Tani berharap keberadaan Kartu Tani dapat membawa dampak yang positif tidak hanya bagi masyarakat, pemerintah dan pihak terkait saja, tapi juga yang paling penting adalah manfaat bagi para petani.

"Karena biaya (anggaran) kartu tani ini cukup besar, maka jangan sampai malah jadi keluhan para petani ketika diterapkan," pungkasnya.

Kartu Tani ini merupakan wujud nyata upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Kartu ini dirancang untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada petani agar tidak luput sasaran.

tag: #kartu-tani  #kementerian-pertanian  #komisi-iv-dpr  #bambang-purwanto  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

BP2MI Ungkap Pemerasan Terhadap Pekerja Migran ke Korea

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Jumat, 23 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ( BP2MI) Benny Rhamdani mengungkap adanya praktik pemerasan yang dilakukan perusahaan kepada pekerja migran Indonesia ...
Berita

Formappi Nilai Tindakan Setneg Koreksi Draft Omnibus Law Pelanggaran UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus menilai, tindakan Sekertariat Negara (Setneg) yang diduga menghapus pasal tentang minyak dan gas bumi dari ...