Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 17 Nov 2020 - 15:11:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua Komisi IV DPR RI : Peningkatan Produksi Pertanian Jadi Titik Pembangunan

tscom_news_photo_1605600625.jpg
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan kalau peningkatan produk pertanian harus tetap menjadi titik berat pembangunan pertanian di Tanah Air.

Sudin menilai kalau hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan pangan di dalam negeri dan peningkatan produksi juga dipandang penting untuk daya saing ekspor.

“Kebijakan pembangunan pertanian di Indonesia seyogyanya menitikberatkan pada peningkatan produksi dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan nilai tambah untuk mendukung hilirisasi dan daya saing ekspor dalam mendukung devisa negara,” kata Sudin saat memimpin RDP dengan pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan), di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2020).

Sudin menuturkan bahwa peningkatan produksi pangan selalu menjadi isu yang krusial karena hal tersebut terkait dengan kebutuhan pangan penduduk Indonesia yang penduduknya mencapai 258 juta jiwa.

"Kondisi saat ini pertumbuhan penduduk Indonesia sebesar 1,49 persen maka untuk
meningkatkan produksi pangan tentu membutuhkan ketersediaan lahan dan Saat ini, selisih antara alih fungsi lahan dan percetakan lahan baru masih besar," tuturnya.

“Ini jadi tantangan sendiri bagi pemerintah khususnya Kementan,” sambungnya.

Selain itu, Politisi PDIP tersebut juga menyatakan kalau hal lain yang jadi persoalan mutakhir sektor pertanian adalah lokasi pertanian yang tersebar belum berbasis pada pengembangan kawasan dan spesifik lokasi.

"Ketersediaan lahan menyempit dan terdegradasi. Ketersediaan benih dan pupuk berkualitas, ketersediaan air, infrastruktur, hingga jaringan distribusi masih jadi masalah yang menyertai selama ini," tandasnya.

Untuk itu, Sudin mendorong perlu untuk merumuskan kebijakan khusus pangan yang cermat untuk mengatasi permasalahan yang melatari sektor pertanian.

tag: #dpr  #komisi-iv-dpr  #pertanian  #kementerian-pertanian  #pangan  #sudin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...