Oleh Rihad pada hari Jumat, 06 Nov 2020 - 00:03:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Psoriasis Bisa Berbahaya Kalau Tidak Ditangani Segera

tscom_news_photo_1604595806.jpeg
Ilistrasi gangguan kulit di tangan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Masyarakat yang tidak menyadari mengalami psoriasis, padahal jika tidak langsung ditangani bisa berkembang menjadi penyakit serius.

Psoriasis merupakan kondisi kulit autoimun kronis yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit, yang menyebabkan timbulnya bercak merah bersisik, tebal dan kering.

Psoriasis dapat timbul pada kulit di bagian tubuh mana pun, beberapa penderita psoriasis juga merasakan gatal, terbakar dan menyengat. Kondisi kulit tidak menular ini telah dialami sekitar dua persen dari total populasi dunia.

"Saat ini, psoriasis banyak kita jumpai di masyarakat. Sayangnya bagi sebagian orang, mereka tidak menyadari bahwa mereka mengalami psoriasis," ujar Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI), dr. Endi Novianto, Kamis (5)11).

dr. Endi mengatakan psoriasis memang belum dapat disembuhnya sepenuhnya, namun jika dilakukan penanganan yang tepat dan sejak dini maka penyakit tersebut dalam dikendalikan kekambuhannya.

"Psoriasis yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti radang sendi atau psoriasis arthritis dan sindrom metabolik," kata dr. Endi.

Penanganan psoriasis yang efektif tidak hanya dapat mengatasi gejala kulit, tetapi juga membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit penyerta lainnya, seperti psoriasis arthritis, penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, dan masalah kesehatan mental.

Sementara itu, dr. Danang Tri Wahyudi mengatakan bahwa setiap orang memiliki risiko yang sama terhadap psoriasis. Untuk itu, sangat penting bagi mereka yang memiliki masalah psoriasis, atau yang mengetahui bila keluarganya memiliki riwayat penyakit psoriasis untuk segera menyadari pemicunya.

Pemicu psoriasis sangat penting untuk dihindari, agar tidak sering kambuh. Beberapa langkah penting yang harus dilakukan oleh pasien psoriasis adalah mengubah gaya hidup dan mengkonsumsi asupan makanan dengan gizi seimbang.

"Walaupun mendapatkan pengobatan dari dokter, pasien dengan psoriasis juga harus mengubah dan menerapkan gaya hidup yang sehat untuk mendapatkan kualitas hidup yang optimal seperti menurunkan berat badan bagi yang berlebih, berhenti merokok itu harus, berhenti konsumsi alkohol dan berolahraga," kata dr. Danang.

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...