Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 17 Nov 2020 - 19:05:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Sosok Dinilai Pantas Jadi Calon Kapolri

tscom_news_photo_1605614743.jpg
Ketua Umum Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) Irjen Pol (purn) Drs. H. Eddy Kusuma Wijaya, S H, M H (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) Irjen Pol (purn) Drs. H. Eddy Kusuma Wijaya, S H, M H angkat bicara persoalan bursa calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pengganti jendral Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada januari 2021 mendatang.

Menurut Eddy, ada beberapa nama yang disebut-sebut masuk sebagai calon kuat dalam bursa calon Kapolri.

Eddy menilai, kalau melihat rekam jejak saat ini yang paling tepat adalah Komjen Boy Rafli Amar Akpol 88 yang sekarang ini menjabat Kepala BNPT.

”Dari rekam jejak kinerja Boy Rafli ini patut di apresiasi. Salah satu yang pernah ditangani dalam tugasnya sebagai anggota Densus Polri yakni menangani kasus Bom Bali dengan para pelakunya Amrozi, Imam Samudra, Muklas, Ali Imron, Doktor Azhari ,Nurdin M Top dan ustadz Abubakar ba’sir, ketua pesantren Ngeruki Solo yang dulu membaiat orang-orang atau pelaku-pelaku Bom Bali," katanya, Selasa (17/11/2020).

Eddy juga menyebutkan, kredibilitas Komjen Pol. Boy Rafli, memulai karier profesinya di Polri sebagai Reserse Polri mulai dari pangkat Pama hingga pangkat Jendral Polisi. Kasus yang di tangani cukup banyak, kasus yang menonjol di tangani antara lain kasus bom dan terorisme. Mulai dari kasus Bom Bali dan kasus Bom-bom lain nya.

Dia juga ikut menangani masalah sparatis di beberapa daerah di Indonesia dan kasus kriminal besar lain nya, karena beliau lama pengalaman bertugas di Densus 88 Polri

”Kredibilitas nya sangat baik di segi mental dan moral serta tidak perlu di ragukan lagi yang lebih penting dan utama setia pada negara dan pimpinannya, hal ini sangat penting di dalam presiden menunjuk seorang pembantunya di samping Profesionalisme,” terangnya.

Eddy juga melihat dari beberapa calon Kapolri yang akan datang antara lain dari segi kepangkatan yakni:

1. Komjen Pol Agus Andrianto Akpol 98 yang sekarang menjabat Kabarkam.

2. Komjen Rycko Akpol 88 yang sekarang menjabat Kabid.

3. Komjen Boy Rafli Amar Akpol 88 yang sekarang menjabat Kepala BNPT.

4. Komjen Listyo Sigit Akpol 91 yang sekarang menjabat Kabareskrim. Dari segi pengalaman masih junior.

5. Komjen Pol Gatot Eddy Pramono Akpol 88 yang sekarang menjabat Wakapolri.

6. Komjen Heru Winarko Akpol 85 yang sekarang menjabat sebagai Kepala BNN.

7. Komjen Pol Arief Sulistyanto Akpol 87 yang sekarang menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Mabes Polri dan meninggalkan posisi Kabareskrim Polri.

Sementara kandidat berbintang 2 ada beberapa nama, yaitu :

8. Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Lulusan Sepamilsuk Polri 1989 berpengalaman dalam bidang intel.
9. Kapolda metro jaya Irjen Pol Fadil Imran Akpol 91.

tag: #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...