Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 17 Nov 2020 - 21:59:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei Indikator Sebut Musa Teratas Di Pilkada Tangsel, Pengamat Ini Beberkan Keanehan

tscom_news_photo_1605625111.jpg
Ketiga Paslon Pilkada Tangsel ketika pengundian Nomor Urut untuk Pemilihan Walikota Tangsel (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat Politik Lukman Hakim mengaku terkejut saat dimintai pendapat mengenai hasil survei Indikator Politik Indonesia yang mengungkapkan temuan terbaru dimana pasangan Muhamad - Rahayu Saraswati (Musa)telah menyalip pasangan Benyamin - Pilar (Benpilar).

Lukman mengatakan kalau dirinya mengikuti betul perkembangan kontestasi di Tangsel, bahkan sebelum mengerucut menjadi tiga pasangan kandidat.

Karena itulah Lukman merasa terkejut melihat hasil survei Indikator yang dirilis hari ini dan menyebut kalau Pasangan Muhamad-Rahayu Saraswasti unggul di Pilkada Tangsel.

"Pasalnya, tidak ada peristiwa berarti yang menimpa salah satu kubu kontestan yang memungkinkannya turun drastis atau naik drasts elektabilitasnya," kata Lukman melalui keteranganya, Selasa (17/11/2020).

Lukman juga mengungkapkan fakta lain yang mengejutkan, yaitu kalau Muhamad sempat lama vakum dan tak mengikuti tahapan kampanye karena sakit.

Bahkan karena sakitnya, mantan Sekda Tangsel tersebut sampai tak sanggup mengikuti penetapan nomor urut pasangan calon, 24 September lalu.

Muhamad baru muncul ketika Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Tangsel menggelar debat kandidat, 16 Oktober lalu.

Selain itu, Lukman juga turut menyinggung hasil survei Agustus yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Menurutnya bisa dibilang SMRC ini seniornya Indikator, walau berbeda lembaga tapi satu sama lain saling berkelindan dan dalam rentang 18 sampai 23 Agustus.

Saat itu, SMRC menempatkan pasangan Benyamin-Pilar di posisi teratas dengan 39,3 persen, sementara pasangan Muhamad-Saras sekadar mendapatkan 20,8 persen dan selisih kedua pasangan di survei SMRC ini adalah sebesar 18,5 persen.

Sementara di bulan yang sama, Indikator turun survei namun hasilnya sangat jauh berbeda, berdasarkan Turun lapangan dari 27 Juli sampai dengan 1 Agustus, Indikator menemukan elektabilitas Benyamin Pilar sebesar 27,8 persen dan Muhamad - Saraswati sebesar 22,6 persen dan Selisih keduanya hanya terpaut 5,2 persen.

"Jadi ini dua lembaga, satu poros, turun di bulan yang sama, hasilnya satu sama lain berbeda. Mana yang mau dipercaya? Keduanya sama-sama group Saiful Mujanilah begitu kira-kira," ujarnya.

Analis politik dari Universitas Pamulang (Unpan) tersebut menegaskan kalau hasil survei SMRC hasilnya berdekatan dengan hasip survei beberapa lembaga lain, intinya selisih antara Benyamin dengan Muhamad sebesar dua digit.

Hanya satu lembaga yang menemukan selisih keduanya satu digit yaitu indikator politik.

"Jadi kalau kemudian survei bulan November ini Indikator menyatakan Muhamad sudah menyalip Benyamin sepertinya rasional, karena selisih sebelumnya hanya 5,2 persen tapi justru di situ pertanyaan kritisnya," tegasnya.

Alumni Fakultas Ushuluddin IAIN Ciputat ini juga membeberkan pertanyaan kritis lain yang layak disampaikan adalah peristiwa apa yang membuat Muhamad-Saraswati menyalip Benyamin-Pilar.

Apakah Benyamin dan Pilar Saga tidak turun blusukan? Apakah mereka tidak punya jaringan? Apakah mereka tidur-tiduran? Kalaupun ada serangan yang ditujukan khusus ke paslon itu, nyatanya tidak menjadi discourse publik.

Ditambah soal serangan ini sesungguhnya kalau melihat berbagai group dimana buzzer para paslon bertempur, posisinya seimbang saja. Isu korupsi dilawan pake isu korupsi, isu kebohongan publik juga sama.

"Jadi memang di situ pentingnya tidak mengacu pada satu lembaga survei. Menjadikan hasil survei indikator ini sebagai satu-satunya ukuran untuk mengetahui peta kekuatan di pilkada Tangsel akan membuat kita semua sesat dan tertawa sendiri," bebernya.

Di sisi lain, Lukman yang pernah menjabat sebagai komisioner KPU Provinsi Banten juga menilai hasil survei Indikator pimpinan Burhanuddin Muhtadi bisa saja bias.

Pasalnya, Burhan merupakan mantan pengurus Jaringan Pemilih Tangerang Selatan (JPTS), lembaga yang berseberangan dengan Benyamin Davnie ketika mencalonkan diri sebagai wakil walikota, mendampingi Airin Rachmi Diany sebagai calon walikota.

“Keterlibatan Burhan sebagai Juru Bicara JPTS ketika Pilkada Tangsel sebelumnya bisa saja membuat hasil surveinya bias. Kalau googling nama Burhanudin Muhtadi Tangsel, kan pasti keluar itu jejak digital JPTS. Walau kemungkinan ini sulit dibuktikan, namun sebagai pertanyaan kritis bisa saja dikemukakan. Namun apapun hasil survei adalah prediksi. Ada masih cukup waktu untuk bekerja. Semua kontestan punya kesempatan bekerja keras, bukan tidak mungkin malah Azizah nanti akan menyalip Muhamad, kalau mampu bekerja dengan taktis," pungkasnya.

tag: #pemkot-tangsel  #tanggerang-selatan  #benyamin-davnie  #muhammad  #rahayu-saraswati  #muhamad-saraswati  #pilar-saga-ichsan  #pilkada-2020  #survei-indikator  #survei-smrc  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...