Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 01 Des 2020 - 20:11:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Komite IV Apresiasi Peran BPS Sebagai Penyedia Satu Data

tscom_news_photo_1606828299.jpg
Jajaran Komite IV DPD RI Rapat dengan Jajaran BPS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komite IV DPD RI mengapresiasi peran Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia data bagi pemerintah dan masyarakat. Hal tersebut tertuang dalam dialog bersama Koordinator Statistik Kecamatan Prestasi (KSKP) se-Indonesia dengan tema “Menjaring Aspirasi Menabur Inspirasi” di Gedung GBHN Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (1/12).

“Kemitraan DPD RI dengan BPS sudah terjalin erat baik di daerah atau pusat. Komitmen Komite IV DPD RI mendukung BPS sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang berperan sebagai penyedia data bagi pemerintah dan masyarakat,” ucap Ketua Komite IV DPD RI Sukiryanto.

Menurutnya, Komite IV DPD RI juga sangat membutuhkan data-data statistik pembangunan dan ekonomi secara nasional. Hal itu sebagai dasar merumuskan kebijakan dan rekomendasi pengawasan kepada pemerintah. “Kami sangat mendukung data statistik pembangunan dan ekonomi,” jelas senator asal Kalimantan Barat itu.

Sukiryanto menilai KSKP juga dapat memberikan data kongkrit kepada anggota DPD RI di daerah khusunya Komite IV.

“Kami juga berharap BPS dapat menghimpun dan memberikan saran kepada Anggota DPD RI di lapangan agar mendukung kelancaran pelaksaan tugas dan fungsinya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite IV DPD RI Novita Anakotta menilai bahwa peran dan tugas BPS sangat besar. Untuk memperoleh data-data, BPS memiliki rintangan di daerah kepulauan dan kontinental karena sulitnya akses.

“Tantangan BPS sangat sulit di provinsi kepulauan. Apalagi provinsi yang berbasis kontinental juga memiliki tantangan tersendiri. Maka dengan seperti itu kami optimis bisa tercapai satu data. Kami juga siap selalu bersinergi dengan KSKP,” kata Novita.

Di kesempatan yang sama, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS Habibullah mengatakan untuk mencapai visi dan misi BPS diperlukan penguatan hubungan dengan lembaga negara yang lain, salah satunya dengan lembaga legislatif yaitu DPD RI.

“Untuk mencapai itu, SDM yang berkualitas memiliki peranan penting untuk mencapai visi dan misi. Salah satunya adalah Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) sebagai garda terdepan pengumpulan data di BPS,” kata Habibullah.

Habibullah mengatakan sebagai ujung tombak pengumpulan data BPS, KSK juga merupakan bagian dari anggota masyarakat yang merupakan konstituen yang diwakili oleh anggota DPD RI. “KSK bagian dari anggota masyarakat dan juga konstituen yang diwakili oleh anggota DPD RI,” tuturnya.

tag: #dpd  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Ambroncius Nababan Akhirnya Minta Maaf kepada Pigai, Warga Papua, dan Jokowi

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 26 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Setelah mendapat kecaman berbagai pihak, Ambroncius Nababan memberikan klarifikasi terkait dugaan postingan rasisme terhadap Natalius Pigai. Ia menyebut, postingannya kepada ...
Berita

Polisi Bilang Habib Rizieq Sehat, Pengacara Bilang Sakit Maag

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menerangkan bahwa Rizieq Shihab masih berada di Rutan Bareskrim Polri dan kondisinya sehat ...