Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 20 Des 2020 - 12:18:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Bangun Fasilitas Penunjang bagi PMI, Anggota Komisi VI DPR ini Apresiasi AP II, Fasilitas apa?

tscom_news_photo_1608441521.jpg
Darmadi Durianto Politikus PDI-P (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto mengapresiasi sikap kepedulian yang ditunjukan jajaran Angkasa Pura (AP) II terhadap para pahlawan devisa.

Untuk diketahui, AP II baru saja meresmikan sejumlah fasilitas penunjang bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Bandara Soekarno-Hatta.

"Saya kira ini sebuah terobosan yang mesti kita apresiasi. AP II dengan sigap membangun sejumlah fasilitas yang diperuntukkan bagi para pahlawan devisa kita. Pembangunan fasilitas itu menunjukkan bahwa AP II memiliki kepedulian sekaligus mampu menterjemahkan apa yang menjadi keinginan pak Jokowi yaitu memberikan pelayanan terbaik bagi para pahlawan devisa kita," kata Bendahara Megawati Institute itu kepada wartawan, Minggu (20/12/2020).

Selain itu, menurutnya, pelindungan dan pelayanan terbaik bagi para PMI memang sudah menjadi amanat UU yang mesti dilaksanakan.

"Saya kira AP II memahami amanat UU nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pekerja Migran Indonesia. Pasal 3 jelas disitu ditegaskan bagaimana PMI dan keluarganya mesti mendapat pelindungan dan pelayanan hukum, sosial, ekonomi," ujarnya.

Darmadi melanjutkan, mestinya apa yang dilakukan AP II jadi contoh bagi BUMN lainnya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Mestinya BUMN lain yang bersinggungan dengan PMI mengikuti apa yang menjadi langkah AP II. Apa yang dilakukan AP II sebagai bukti bahwa negara hadir ditengah warganya dalam hal ini para pahlawan devisa," ujar Politikus PDIP itu.

Sekali lagi, kata dia, para Pekerja Migran Indonesia (PMI) mesti mendapat kenyamanan dan pelayanan terbaik agar mereka tenang dalam bekerja.

"Harapan saya semoga apa yang diberikan AP II bisa bermanfaat bagi PMI dan saya juga menekankan agar AP II terus memberikan service yang maksimal bagi PMI kita," tutupnya.

Untuk diketahui, AP II baru saja meresmikan pembangunan 5 fasilitas istimewa yang diperuntukkan bagi para PMI
di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang merupakan titik gerbang terbesar di Indonesia untuk keberangkatan dan kedatangan PMI, PT Angkasa Pura II bersama BP2MI menyiapkan 5 fasilitas khusus bagi pahlawan devisa Indonesia.

Adapun kelima fasilitas tersebut yaitu:

Pertama, fasilitas jalur khusus (fast track special lane) kemigrasian untuk mendukung kelancaran kepulangan PMI.

Fasilitas Kedua adalah lounge bagi PMI yang terletak di area Terminal 3 Internasional tepatnya di lantai 3, dekat dengan lobby drop off penumpang di area gedung parkir.

Lounge tersebut dilengkapi fasilitas seperti halnya lounge eksekutif yang terdapat di bandara, untuk kenyamanan PMI. Selain itu, di dalam lounge juga terdapat money changer yang dioperasikan oleh BNI untuk memudahkan PMI melakukan penukaran mata uang sesuai dengan negara tujuan.

Kemudian fasilitas Ketiga adalah area help desk center di Terminal 3 yang dapat memberikan berbagai informasi kepada PMI pada saat kepulangan dari luar negeri.

Fasilitas Keempat adalah booth gallery untuk penjualan serta promosi dengan menampilkan produk-produk dari PMI yang telah kembali ke Indonesia dan telah menjadi wirausahawan. Booth gallery ini terdapat di SMMILE Center Terminal 3, suatu ruang terbuka dengan area hijau yang juga dilengkapi dengan tenant-tenant komersial.

Lalu, Fasilitas Kelima adalah seluruh media digital di dalam area Terminal 3 yang dapat difungsikan untuk menginformasikan program BP2MI untuk pelayanan dan perlindungan PMI.

tag: #pmi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...