Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 13 Jan 2021 - 12:46:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR: Jokowi Ajukan Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

tscom_news_photo_1610516812.jpg
Puan Maharani Ketua DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Nama Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Idham Aziz.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani seusai menerima surat presiden (surpres) yang diantarkan oleh Mensesneg Pratikno kepada pimpinan DPR, Rabu, (13/1/2021).

"Pada hari ini seperti yang saya sampaikan tadi bahwa surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Drs. listyo sigit prabowo msi yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," kata Politikus PDIP ini.

Puan melanjutkan, pemberian persetujuan melalui DPR RI akan dilakukan sesuai dengan mekanisme internal DPR yaitu didahului dengan mekanisme rapim dan bamus.

"Kemudian kami akan menugaskan komisi III untuk melaksanakan uji kelayakan atau melalukan fit and proper setelahny hasil dari uji kelayakan tsb akan kami bawa ke rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan dewan," tegas Puan.

Proses ini, lanjut Puan, akan ditempuh selama 20 hari terhitung sejak tanggal surat presiden diterima oleh DPR yaitu pada rabu, (13/1/2021).

"DPR RI menjalankan proses tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku dan kita akan dapat segera mengetahui apakah Kapolri yang diusulkan oleh presiden mendapatkan persetujuan dari DPR," tandas Puan.

tag: #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Majelis Komite Etik Nyatakan Muryanto Amin Lakukan Self- Plagiarism, Tapi Tunggu Keputusan Mendikbud

Oleh Rihad
pada hari Senin, 18 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) terpilih, Muryanto Amin dinilai melakukan self-plagiarism. Majelis Komite Etik menyatakan Muryanto mendapat sanksi penundaan naik ...
Berita

Pesan AHY Kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo, Netral dalam Tegakkan Hukum

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komjen Listyo Sigit Prabowo bersilaturahmi ke kantor DPP Partai Demokrat untuk bertemu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku ketum. Pertemuan ini diunggah AHY di akun ...