Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 14 Jan 2021 - 17:11:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Politikus PKS: Komjen Listyo Sigit Sosok Polisi yang Humanis

tscom_news_photo_1610619072.jpg
Dimyati Natakusumah (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi III DPR RI, Dimyati Natakusumah menilai, pilihan Presiden Joko Widodo yang mengajukan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Calon Kapolri baru penuh perhitungan yang detail.

Hal tersebut disampaikan oleh Dimyati saat menanggapi calon Kapolri baru pasca Presiden Joko Widodo mengirimkan surat presiden (Supres) kepada DPR RI terkait calon tunggal Kapolri.

"Semuanya kan memenuhi syarat yaitu bintang tiga yang memenuhi syarat, maka yang dilihat yang paling dekat dan dikenal serta rekam jejaknya yang paling bagus kan, itu harus diikutin dengan rekam jejaknya dengan sendirinya pilihannya ke pak Sigit walau pun termuda," ucap Politikus PKS itu, Rabu (13/1/2021).

Dimyati mengatakan, permasalahan umur bukan lah menjadi sebuah acuan, akan tetapi, sebuah rekam jejak seseorang tersebut.

"Dari awal saya kenal baik sepak terjangnya, rekam jejaknya, kredibilitasnya, kapabilitasnya, ya beliau (Listyo Sigit Prabowo)," tambahnya.

Menurutnya, jika dilihat dari rekam jejaknya Sigit pernah menjadi kapolda Banten yang merupakan dari dapil dirinya sehingga sangat mengetahui bagaimana sosok Kabareskrim tersebut dalam bekerja.

"Pak Sigit pernah menjadi Kapolda Banten, saya dapil Banten jadi saya tahu persis bagaimana beliau dilapangan, dimasyarakat. Dia itu adalah polisi yang humanis dan saya rasa pas pilihan pak presiden, beliau juga dekat dengan para alim ulama," katanya.

Selain itu, dirinya menuturkan kedepannya Kapolri yang baru akan mendapatkan tantangan yang sangat berat.

Hal ini, kata dia, lantaran terdapat beberapa hal, mulai dari pelanggaran HAM yang terbunuhnya enam laskar, kasus Djoko Tjandra yang melibatkan Perwira Polri dan kasus lainnya seperti kejahatan dan narkotika.

"Saya rasa pak Sigit mampu dan beliau juga sebelumnya Kabareskrim, itu kan sudah paham bagaimana kejahatan cybercrime dan lain sebagainya," imbuhnya.

Tidak hanya itu, ujar Dimyati, kedepan Kapolri harus dapat membangun dan menjaga citra baik kepolisian, sehingga tetap menjaga harkat marbat serta derajat kepolisian.

Dirinya mengaku, yakin Sigit mampu melakukan hal tersebut.

"Dari sisi kerja, kredibilitas kalau dilihat beliau yang termuda dari jenderal-jenderal bintang tiga dan bagus, maka pilihan pak presiden tepat. Walaupun akhirnya membuat ini membuat suprise diluar dugaan calon-calon yang lain," tuturnya.

Dimyati mengatakan, setelah pihaknya mendapatkan Supres terkait calon tunggal Kapolri, pihaknya akan mengadakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dan rapat dengar pendapat (RDP).

"Jadi nanti kita itu akan melakukan fit and proper, selain itu kita juga akan melakukan RDP dengan Kompolnas. Kita ingin tahu rekam jejaknya kenapa Kompolnas memilih pak Sigit itu, serta kita juga mendengar aspirasi masyarakat dan itu kita tampung," tandasnya.

tag: #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...