Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 17 Jan 2021 - 19:18:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Kejahatan Jalanan dan Kerah Putih Tantangan Listyo Kedepan

tscom_news_photo_1610885907.jpg
Listyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Guru Besar Hukum Universitas Soedirman, Hibnu Nugroho menilai penunjukan Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis merupakan langkah yang tepat.

Sebab, tingkat kejahatan ke depan diperkirakan bakal tinggi termasuk street crime atau kejahatan jalanan.

“Pak Listyo itu orang reskrim. Kedepan, masalah-masalah kejahatan itu tinggi sekali sehingga dibutuhkan fokus polisi yang mampu menangani kejahatan-kejahatan kerah putih,” kata Hibnu kepada wartawan, Minggu (17/1/2021).

Selain itu, Hibnu mengatakan, rencana strategis Polri di era global dan geopolitik internasional tentu sudah diletakkan oleh Kapolri sebelum-sebelumnya. Sehingga, Komjen Listyo tinggal melanjutkan saja.

“Semboyan polisi sekarang itu promoter yakni profesional, modern dan terpercaya. Saya kira itu tinggal mengembangkan dengan mengantisipasi kejahatan-kejahatan lain. Saya kira rakyat semakin percaya, rakyat semakin terlindungi dengan permasalahan-permasalahan kasus hukum maupun kamtibmas yang terus berkembang di tengah-tengah masyarakat,” jelas dia.

Untuk itu, Hibnu melihat Komjen Listyo sebagai sosok polisi yang reformis dan terbuka terhadap permasalahan internal Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Terbukti, ketika ada kasus yang menyeret anggota Bareskrim Polri diusut tuntas secara transparan.

“Sehingga, siapa pun yang kena persoalan hukum itu harus ditindak. Jadi, Pak Listyo kelihatannya profesional. Saya kira momen kasus Djoko Tjandra untuk bersih-bersih, karena bagaimana pun juga Polri masih jadi sorotan,” ujarnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan, jajaran kepolisian telah memberantas kejahatan jalanan (street crime) khususnya begal, dengan penuntasan 3.900 perkara dari 5.349 perkara yang dilaporkan sepanjang tahun 2020.

Secara keseluruhan, kata Idham, jumlah kejahatan yang dilaporkan sebanyak 238.384 perkara dengan penyelesaian 173.035 perkara atau mencapai 73 persen. “Capaian tersebut meningkat 2 persen dibanding 2019," kata Idham.

Sementara, Tim Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri telah mengungkap sindikat penipuan jaringan internasional terkait trasfer dana dan investasi yang korbannya perusahaan asal Belanda dengan modus penipuan bussines email compromise (BEC).

Dari kasus penipuan ini, perusahaan asal Belanda menjadi korban dengan kerugian mencapai Rp 276 miliar. Sedangkan, pelaku yang ditangkap polisi ada dua orang inisial UDEZE alias Emeka dan Hafiz. Perannya, mereka membuat dokumen fiktif dan pura-pura jadi direktur sebuah perusahaan fiktif, dibantu oleh Belen alias Dani dan Nurul alias Iren.

Modus operandinya, pelaku mengirim email terkait perubahan nomor rekening untuk rencana pembayaran pemesanan rapid tes COVID-19 yang telah dipesan oleh WN Belanda. Korban mentransfer dana ke rekening atas nama CP Bio sensor, tapi ini perusahaan fiktif sejumlah USD 3.597.875 atau senilai Rp 52,3 miliar.

tag: #listyo-sigit-prabowo  #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...