Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 20 Jan 2021 - 13:36:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Listyo: Polri Jangan Jadi Alat Kekuasaan

tscom_news_photo_1611124619.jpg
Polri (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di hadapan Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Dalam paparanya, Listyo menyebut kepolisian tidak boleh menjadi alat kekuasaan. Ia menyebut, pada prinsipnya Polri adalah alat negara untuk mendukung kemajuan Indonesia.

"Polri juga tidak boleh menjadi alat kekuasaan karena sejatinya polri adalah alat negara. Oleh karenanya setiap tindakan polri untuk mendukung kemajuan Indonesia," kata Listyo dalam fit and proper test yang disiarkan langsung Youtube DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Dirinya juga berpesan penegakan hukum harus memenuhi rasa keadilan masyarakat dengan mengedepankan hukum yang progresif.

"Melalui penyelesaian perkara restorative justice dilakukan dengan memberikan ruang yang lebih luas dalam implementasi restorative dan problem solving," ujarnya.

Lebih lanjut, Listyo menambahkan, penegakan hukum juga harus diawasi melalui optimalisasi e-management penyidikan, guna menghindari proses hukum yang berlarut-larut.

"Dengan e-management tersebut masyarakat dapat informasi secara online mengenai perkembangan SP2HP penyidikan, dan bisa menuliskan kritik dan akan direspons," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan, kedepannya tidak boleh ada lagi hukum tajam ke bawah tetapi tumpul ke atas.

"Tidak boleh lagi ada kasus nenek minah yang mencuri kakao kemudian diproses hukum karena hanya untuk mewujudkan kepastian hukum. Tidak boleh lagi ada seorang ibu yang melaporkan anaknya kemudian ibu tersebut diproses dan sekarang berlangsung prosesnya dan akan masuk ke persidangan," sebut Listyo.

tag: #polri  #listyo-sigit-prabowo  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Ilegal, Hinca Minta Polisi Bubarkan KLB

Oleh
pada hari Kamis, 04 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan meminta, pihak kepolisian membubarkan acara kongres luar biasa (KLB).  Dikabarkan KLB akan dilaksanakan di ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Darmadi Durianto Dorong Kemenkopumkm Berikan Pelatihan ke Pelaku Usaha WarTeg

Oleh Bachtiar
pada hari Jumat, 05 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto mendorong Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UMKM untuk lebih konkret lagi memperhatikan nasib para pelaku usaha ...
Berita

Demokrat: Pemaksaan KLB Bodong, Cederai Demokrasi dan Tanda Abuse of Power

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-- Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, menuding rencana pelaksanaan KLB Bodong oleh Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai ...