Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 23 Jan 2021 - 07:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Banjir, Longsor Kembali Hantam Manado

tscom_news_photo_1611363300.jpg
Banjir Manado (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tingginya Curah hujan di sertai petir sejak Siang, Jumat ( 22/1/2021) di Wilayah Manado dan sekitarnya, Mengakibatkan banjir dan longsor di hampir seluruh wilayah Kota Manado dan Minahasa.

Dikutip situs BMKG, bahwa terpantau di beberapa wilayah Manado luapan air dari sungai dan drainase begitu deras mengenangi ruas jalan dan pemukiman Warga.

Atas kejadian ini, banyak warga yang melaporkan dari akun facebook, saperti Richo warga Kelurahan Mahawu, memperlihatkan luapan air begitu deras setinggi perut orang dewasa.

Di Kecamatan Singkil, Melalui live streaming akun medsos Wawan, melaporkan genangan air di Ruas Jalan Arie Lasut tepat di Mess Tagaroa, Genangan Air perkirakan mencapai 1 meter.

Sementara di Kelurahan Ketang Baru, luapan air Sungai Tondano sangat deras Menggenangi pemukiman penduduk.

Terlihat, warga ramai menyelamatkan barang barang mereka ke tempat pengungsian mengingat wilayah itu merupakan dataran rendah di bantaran DAS Tondano.

Lanjut, di Kecamatan Singkil lainya, Kelurahan Karame, Ternate Baru, Wonasa, Dan Ternate tanjung. Warga sibuk Mengemas barang menuju ke tempat Pengungsian. Selain barang barang penting, para Lansia, Balita, juga ikut di evakuasi.

Sementara itu di Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa tepat di ruas jalan Trans Manado - Minahasa terjadi longsor Yang mengakibat akses jalan tertutup Total, pohon dan material tanah tumpah Menutupi badan jalan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus mengingatkan Cuaca ekstrem provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tanggal 22 Januari 2021 pukul 16:45 Wita. Beberapa masih berpotensi Terjadi hujan sedang hingga lebat yang Disertai kilat/petir dan angin kencang pada Pukul 16:45 wita di wilayah seluruh Manado, Bitung, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, dan Minahasa Tenggara.

BMKG menghimbau melalui Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado" Ben Arther Molle Kembali berharap warga yang tinggal Wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi Hujan sedang hingga lebat untuk tetap Berhati-hati dan tanggap terhadap potensi Bencana hidrometeorologi.

“Tetap waspada cuaca seperti ini yang dapat menimbulkan terjadinya bencana. Terutama di daerah-daerah yang rawan banjir dan tanah longsor," ujar BMKG.

Sampai saat ini, aliran listrik di seluruh wilayah Manado dan sekitarnya padam. Sementara untuk korban material dan jiwa belum di ketahui.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...