Oleh Rihad pada hari Sabtu, 23 Jan 2021 - 14:43:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Terkenal Disiplin Terapkan Prokes, Doni Monardo Masih Bisa Tertular Covid-19

tscom_news_photo_1611387838.jpeg
Doni Monardo (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo positif terinfeksi virus corona tipe SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif COVID-19 dengan CT Value 25," kata Doni, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Saya sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan pagi ini tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan, berjalan kaki delapan kilometer," kata Doni sebagaimana dikutip dalam keterangan pers BNPB yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/1).

Doni Monardo meyakini dirinya terpapar Covid-19 saat makan sehingga terpaksa melepas masker. Dia menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain,” tutur Doni.

Dia menuturkan selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ada beberapa momen harus melepas masker ketika makan bersama orang lain. “Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular.”

Selaku Kepala BNPB, dalam sepekan terakhir Doni sibuk memimpin penanganan dampak gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan.

Doni baru kembali dari Mamuju, Sulawesi Barat, pada Jumat sore (22/1) dan pada sore hari itu juga dia dan seluruh staf yang mendampinginya selama kunjungan kerja di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan COVID-19.

Menurut hasil pemeriksaan, salah satu stafnya juga positif terinfeksi virus corona. "COVID-19 ini begitu dekat di sekitar kita. Selama ini saya berusaha sekuat tenaga patuh dan disiplin menjalan protokol kesehatan dan tetap bisa tertular," kata Doni, yang saat ini menjalani isolasi mandiri sambil memantau penanggulangan COVID-19 dan penanganan dampak bencana di berbagai daerah.

"Dengan kejadian ini saya meminta masyarakat agar jangan kendor dalam memakai masker, menjaga jarak, dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," katanya.

Terkenal Disiplin

Tenaga Ahli BNPB yang juga staf khusus Doni Monardo, Egy Massadiah, selalu berada di dekat Doni dalam sepekan terakhir, menurut hasil pemeriksaan tidak tertular COVID-19, menuturkan bahwa Doni telah berada di Mamuju pada sore hari tanggal 15 Januari 2021, sekitar 12 jam setelah gempa terjadi di wilayah Sulawesi Barat.

Selanjutnya Kepala BNPB bergeser ke Banjarmasin (Kalimantan Selatan) pada Minggu (17/1) dan kembali ke Mamuju pada Selasa pagi (19/1) sebelum kembali ke Jakarta.

"Pak Doni selalu ketat menjalankan protokol kesehatan, Beliau tidak pernah buka masker saat rapat, bahkan dia selalu menegur orang kalau orang bicara buka masker," kata Egy Massadiah,

Ia mengatakan bahwa selain disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, Doni selalu mengingatkan orang-orang di sekitarnya untuk menaati protokol kesehatan. "Pak Doni selalu mengingatkan untuk jaga jarak dan melakukan segala protokol," katanya.

Menurut Egy, biasanya Doni membawa cadangan masker untuk dipakai sendiri dan dibagikan kepada orang yang tidak memakai masker.

"Di kantong bajunya selalu ada masker lebih, kalau ketemu orang tidak pakai masker dia bagi," katanya.

Menurut dia, Doni juga rutin mengkonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah kepadatan aktivitasnya.

Egy mengatakan bahwa Doni dijadwalkan menjalani vaksinasi COVID-19 pada Senin (25/1), tapi dinyatakan tertular virus corona sebelum mendapat suntikan vaksin.

Doni dinyatakan positif tertular COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan pada Jumat (22/1), sepulang dari kunjungan kerja di beberapa daerah yang terdampak bencana.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Pasca KLB Demokrat, Maju Kena Mundur Kena

Oleh
pada hari Senin, 08 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Hotel The Hill, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat malam, ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement