Oleh Yoga pada hari Selasa, 26 Jan 2021 - 10:42:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota Komisi X DPR ini Setuju Dengan Program Subsidi Kuota Internet Lanjutan Bagi Peserta Didik dan Tenaga Pengajar

tscom_news_photo_1611632545.jpg
Andreas Hugo Parwita Politikus PDIP (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk melanjutkan subsidi kuota internet gratis kepada pelajar, guru dan dosen di Indonesia pada tahun 2021.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat bersama dengan Komisi X DPR RI, Rabu (20/01) menjelaskan pada 2020 bantuan subsidi kuota diberikan kepada siswa/i, mahasiswa/i, guru dan dosen dengan total penerima 35,59 juta orang.

Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira mengaku setuju dengan adanya lanjutan program subsidi kuota gratis internet bagi pelajar, mahasiswa dan tenaga pendidik.

Menurutnya, subsidi kuota internet gratis adalah cash program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengatasi masalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Saya setuju karena program ini situasional bukan program permanen. Program ini juga untuk mengatasi PJJ dimana salah satu masalah utama yang dihadapi oleh peserta didik maupun pendidik baik di Sekolah Dasar, Menengah ataupun ditingkat pendidikan tinggi adalah keterbatasan kuota/biaya kuota internet yang minim. Dan program ini masih berlangsung di 2021 selama pendidikan tatap muka belum dilakukan," ungkap Andreas saat diwawancarai oleh tim Teropong Senayan.Com, Selasa (26/01/2021).

Kuota gratis ini akan diberikan kepada seluruh pendidik dan juga peserta didik di semua tingkatan yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Kemendikbud dengan dukungan informasi aktual kepemilikan nomor Hp.

Andreas juga mengatakan bahwa kuota internet gratis diberikan selama tiga bulan dengan melihat perkembangan situasi pandemi saat ini.

"Ya, program ini sudah berjalan, sesuai laporan dari Mendikbud dalam Raker dengan Komisi X dukungan kuota Internet gratis ini masih akan diberikan paling tidak tiga bulan kedepan, yakni Januari sampai dengan Maret sambil melihat perkembangan situasi pandemi dan kesiapan pelaksanaan dari pos Penyakit Tidak Menular (PTM)," ungkapnya.

Meskipun kebosanan dan kejenuhan dialami semua pihak, namun tidak bisa memilih karena kesehatan pada saat kondisi seperti ini adalah yang harus di utamakan.

"Soal Kebosanan ini dialami di semua bidang kehidupan. Namun kita tidak punya pilihan lain. Bagaimanapun kesehatan merupakan hal utama yang harus menjadi perhatian negara untuk melindungi warga negaranya," tandas Andreas.

tag: #kuota-internet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...