Oleh Rihad pada hari Jumat, 29 Jan 2021 - 07:52:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Memprihatinkan, Kematian Tenaga Medis Indonesia Tertinggi di Asia

tscom_news_photo_1611881576.jpeg
Ilustrasi nakes (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19 terus meningkat. Data terakhir menyebutkan terdapat total 647 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi virus corona. Jumlah tersebut terdiri dari 161 dokter umum (4 guru besar), 123 dokter spesialis (12 guru besar), serta 5 residen, yang keseluruhannya berasal dari 26 IDI wilayah provinsi dan 116 IDI cabang Kota/Kabupaten.

Data tersebut dirangkum oleh Tim Mitigasi IDI dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Hal ini disampaikan oleh anggota Tim Mitigasi PB IDI Dr Adib Khumaidi, SpOT dalam keterangan tertulis, Kamis (28/1).

Adib mengatakan, berdasarkan data statistik testing dan populasi, kematian tenaga medis dan kesehatan di Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia, dan 3 besar di seluruh dunia. Bahkan, lanjut dia, sepanjang bulan Desember 2020 tercatat ada 53 kasus kematian hingga pertengahan bulan Januari 2021.

Berdasarkan data provinsi, Jawa Timur 56 dokter, 6 dokter gigi, 89 perawat, 4 tenaga lab medik, 33 bidan. DKI Jakarta 43 dokter, 10 dokter gigi, 25 perawat, 2 apoteker, 3 tenaga lab medik, 7 bidan. Jawa Tengah 41 dokter, 2 dokter gigi, 27 perawat, 3 tenaga lab medik, 2 bidan.

Kemudian di Jawa Barat, terdiri dari 33 dokter 4 dokter gigi, 27 perawat, 6 apoteker, 1 tenaga lab medik, dan 13 bidan. Sedangkan di Sumatera Utara terdiri dari 26 dokter, 1 dokter gigi, 3 perawat, serta 9 bidan.

Sulawesi Selatan 18 dokter, 7 perawat, 4 bidan. Banten, 12 dokter, 2 perawat, 4 bidan. Di Bali 6 dokter, 1 perawat, 1 tenaga lab medik. Aceh ada 6 dokter, 2 perawat, 1 tenaga lab medik, dan 1 bidan.

Kalimantan Timur 6 dokter dan 4 perawat. Yogyakarta 6 dokter, 2 perawat, 3 bidan. Kemudian di Riau 6 dokter, 2 perawat, 1 bidan. Lalu di Kalimantan Selatan 5 dokter, 1 dokter gigi, dan 6 perawat

Adib mengatakan, untuk data di Sulawesi Utara, terdiri dari lima dokter, satu perawat, dan 1 bidan. Sedangkan di Sumatera Selatan ada 4 dokter, satu dokter gigi dan 5 perawat.

Untuk Kepulauan Riau jumlahnya terdiri dari tiga dokter dan 2 perawat. Kemudian di Bengkulu ada dua dokter dan dua bidan. Sedangkan di Sumatera Barat jumlahnya terdiri dari satu dokter, 2 perawat yang meninggal dunia akibat virus tersebut.

Kalimantan Tengah 1 dokter, 2 perawat, 1 apoteker, 2 bidan. Lampung 1 dokter dan 2 perawat. Maluku Utara 1 dokter dan 1 perawat. Sulawesi Tenggara 1 dokter, 2 dokter gigi, 1 perawat. Sulawesi Tengah 1 dokter, dan 1 perawat.

Di Papua Barat ada 1 dokter kemudian di Bangka Belitung 1 dokter, lalu di Papua ada 2 perawat, dan 1 bidan. Di Nusa Tenggara Timur ada 1 perawat. Kalimantan Barat 1 perawat, 1 apoteker, 1 tenaga lab medik. "Di Jambi 1 apoteker. Kemudian di DPLN (Daerah Penugasan Luar Negeri) Kuwait 2 perawat, serta 1 dokter masih dalam konfirmasi verifikasi," sambungnya.

Menurutnya, meski program vaksinasi sudah mulai dilakukan di hampir wilayah di Indonesia, hal ini, kata dia, hanya merupakan salah satu dari upaya pencegahan memutus mata rantai virus corona. Akan tetapi, lanjut Adib, jika masyarakat tetap abai menerapkan protokol kesehatan langkah vaksinasi itu tak akan maksimal.

"Tim Mitigasi IDI juga meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan strategi testing secara serentak bagi seluruh lapisan masyarakat sehingga dapat menentukan diagnosa dini agar dapat tindakan segera bagi yang terkonfirmasi positif tersebut," kata Adib.

"Situasi penularan COVID saat ini sudah tidak terkendali, terutama karena aktivitas mobilitas masyarakat semakin meningkat. Testing ini dibutuhkan untuk bukan hanya screening (penyaringan), namun juga tracing (penelusuran) dan evaluasi penyembuhan. Saat ini angka testing di Indonesia masih baru mencapai kurang dari 5 persen dari total populasi penduduk Indonesia," terangnya.

Ia mengatakan, Tim Mitigasi IDI juga mengimbau pemerintah setempat dan pengelola fasilitas kesehatan untuk memberikan tes rutin untuk mengetahui status kondisi kesehatan terkini para pekerja medis dan kesehatan yang bertugas menangani pasien.

Baru 300 Ribu Nakes Divaksin

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan dalam tahap pertama program vaksinasi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes), yang telah terdata dalam sistem ada sekitar 1,4 juta tenaga kesehatan dari total target 1,5 juta orang. Dari jumlah tersebut, hanya 300.000 nakes yang telah melakukan vaksinasi

“Yang melakukan vaksinasi baru sekitar 300.000 nakes dengan berbagai alasan. Beberapa kabupaten juga perlu diberi rangsangan. Saat ini baru 2 kabupaten yang agresif [vaksinasi] yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta,” kata Johnny dalam konferensi virtual, Kamis (28/1/2021).

Johnny menambahkan DKI Jakarta yang seharusnya dapat menyelesaikan program vaksinasi secara singkat, target vaksinasi baru tercapai 50 persen per hari ini.

Dia berharap target 1,5 juta nakes tahap pertama dapat segera tercapai. Sejumlah kekurangan dapat diperbaiki agar tercipta vaksinasi yang merata di seluruh Indonesia.

Dia mengatakan ke depan pemerintah akan terus melakukan sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat. Hal tersebut akan dilakukan melalui SMS Blast yang dikirimkan langsung ke gawai pengguna agar program vaksinasi berjalan optimal.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau agar tenaga kesehatan untuk bisa menerima vaksin sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

“Saat ini spesifik vaksinasi kepada tenaga kesehatan didapati adanya kendala. Di mana tidak datang untuk menerima vaksin pada jadwal yang ditetapkan," katanya.

Hal ini perlu didorong karena tenaga kesehatan menjadi contoh bagi masyarakat untuk mengikuti vaksin sesuai jadwal. Dengan demikian penularan Covid bisa diatasi segera.

tag: #covid-19  #tenaga-medis  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...