Oleh Yoga pada hari Kamis, 25 Feb 2021 - 10:42:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Presiden Jokowi Lantik Tiga Pasangan Gubernur Hari Ini

tscom_news_photo_1614224534.jpg
Presiden RI Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini diagendakan melantik tiga gubernur dan wakil gubernur (wagub). Seperti diketahui ketiga Gubernur dan wagub ini terpilih di pilkada serentak tahun 2020.

Tiga kepala daerah yang dilantik yaitu gubernur dan wagub Sumatera Barat (Sumbar), Kepulauan Riau (Kepri), dan Bengkulu.

"Betul. (Gubernur-Wakil Gubernur) Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu (yang akan dilantik)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, pada Wartawan, Kamis (25/2/2021).

Gubernur Wagub Sumbar terpilih yakni Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy. Pasangan ini memenangkan pilkada Sumbar dengan perolehan suara sebanyak dengan memperoleh 726.853 suara.

Lalu Gubernur dan Wagub Kepri terpilih yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang pilkada setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan sengketa hasil pilkada. Pasangan ini menang dengan perolehan suara 308.553.

Gubernur dan Wagub Bengkulu terpilih yakni Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah. Pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang pilkada Provinsi Bengkulu setelah MK menolak gugatan sengketa pilkada. Pasangan ini menang dengan suara 418.080.

Jokowi sebelumnya melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (Sulut) masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Senin 15 Februari 2021. Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara yang dilantik adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang dilantik yakni petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara tercatat tidak memiliki gugatan Pilgub dalam Pilkada 2020 sehingga mereka dilantik paling awal oleh Jokowi.

tag: #pilkada  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Lainnya
Berita

Jawa Tengah Siapkan Skenario Arus Mudik Nekad yang Bisa Capai 4,6 Juta Orang

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 13 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan keputusan pelarangan mudik dari pemerintah pusat sudah tepat. Sebab, dari pengalaman sebelumnya selalu terjadi lonjakan ...
Berita

Himbauan Kemenkes tentang Tata Cara Tarawih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Meski pemerintah membolehkan shalat tarawih, protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat. "Diimbau tidak membawa anak berusia di bawah 10 tahun Atau untuk ...