Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 16 Mar 2021 - 11:38:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Rencana Impor Satu Juta Ton Beras, Wachid: Mestinya Para Kepala Daerah Diajak Bicara

tscom_news_photo_1615869481.jpeg
Abdul Wachid Politikus Gerindra (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid menilai, rencana pemerintah yang berencana melakukan impor beras sebanyak satu juta ton dari Thailand kurang tepat.

Pasalnya, kata dia, rencana kebijakan tersebut diambil tanpa ada kajian mendalam.

"Mestinya kalau mau import, ajak bicara donk para kepala daerah, seperti para Gubernur bila perlu para bupati. Karena merekalah yang paham kondisi daerahnya, paham kebutuhan rakyatnya apakah perlu beras impor atau tidak. Jangan ambil kebijakan tanpa memahami fakta dilapangan. Kebijakan itu sebenarnya untuk kepentingan siapa?" sindir eks Anggota Komisi VI DPR RI itu kepada wartawan, Selasa (16/03/2021).

Selain itu, Wachid juga menyarankan agar Pemerintah mengundang asosiasi-asosiasi yang concern soal pertanian terkait persoalan beras ini.

"Ada Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA). Mestinya mereka diajak rembuk, berdiskusi juga. Saya misalnya yang berkecimpung di HKTI sejauh ini belum pernah diajak berdiskusi soal beras ini. Padahal berdasarkan diskusi-diskusi kami di HKTI, persoalan petani, beras dan lainnya itu tidak semudah diselesaikan hanya dengan menggunakan skema import saja," tandas Politikus Gerindra itu.

Wachid juga menganggap, skema import hanya akan menambah penderitaan para petani dibawah.

"Hasil panen mereka akan sia-sia karena tidak terserap dengan maksimal. Dan tentu saja mereka para petani ini akan mengalami kerugian. Ketimbang import lebih baik serap hasil panen para petani kita secara maksimal," tegas Anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Wachid menganjurkan agar Pemerintah menugaskan lembaga yang concern soal pangan ini untuk mengatasi problem beras ini.

"Pemerintah bisa menugaskan Bulog untuk menyerap hasil panen dan membeli gabah dengan harga yang wajar dari para petani ketimbang import," tegasnya.

Disamping itu, Wachid juga menekankan agar Pemerintah membantu kesulitan para petani yang terdampak kondisi alam.

"Pemerintah perlu membantu dengan menyediakan bantuan pupuk bagi para petani yang terdampak kondisi alam seperti banjir," ujarnya.

Diketahui, Pemerintah berencana mengimport beras sebanyak satu juta ton dari Thailand.

tag: #impor-beras  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Bamsoet Ajak Pendukung Anies dan Gandjar Serta Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Persatuan Indonesia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan dalam waktu sekitar lima bulan ke depan, bangsa Indonesia akan dihadapkan pada ...
Berita

Perkuat Cybersecurity Indonesia, Telkom bersama F5, Kokohkan Kemitraan Strategis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjawab kebutuhan terhadap layanan keamanan digital yang terus meningkat di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama strategis dengan F5, ...