Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 18 Mar 2021 - 12:02:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Rencana Impor Beras Satu Juta Ton, Legislator Gerindra: Menyengsarakan Petani

tscom_news_photo_1616043754.jpg
Endang S. Thohari Anggota Komisi IV DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IV DPR RI Endang S. Thohari menilai, jika rencana pemerintah untuk melakukan impor beras sebesar 1 juta ton hanya akan menyengsarakan petani.

"Menurut saya menyengsarakan petani kita. Apalagi saat ini di beberapa daerah sedang memasuki masa panen," kata dia, Kamis, (18/3/2021).

Terlebih lagi, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melontarkan pernyataan untuk lebih mencintai dan mendukung produk asli Indonesia.

"Pak Jokowi baru saja membuat pernyataan mencintai produk Indonesia dan benci terhadap produk Asing," kata Endang.

Endang sendiri memastikan, fraksi partai Gerindra sendiri akan mempertanyakan niat impor tersebut kepada Menteri Pertanian ( Mentan) Syahrul Yasim Limpo

"Sebab fraksi Partai Gerindra sangat menyesalkan atas pernyataan Menteri Perdagangan bahwa import 1 Juta ton beras jalan terus dan tidak mengganggu harga gabah di petani. Pernyatan ini terjadi kemungkinan karena kurangnya kordinasi dengan instansi terkait padahal fakta dilapangan hampir seluruh daerah yang sedang panen raya harga gabah jauh dibawah HPP," papar dia.

Fraksi Gerindra, lanjut dia, menyarankan agar Menteri Pertanian dapat menjelaskan kondisi dan fakta dilapangan kepada Menteri Perdagangan.

"Informasi mengenai rencana impor beras 1 juta ton sangat viral sehingga mempengaruhi Pasar oleh sebab itu kementan perlu untuk membuat pengumuman terbuka di media dan bekerjasama dengan Perum BULOG untuk membuat Call Center terkait keseriusan dalam penyerapan gabah & beras petani," tegas dia.

Ia menegaskan, petani dapat menghubungi Call Center bila belum memiilki pasar dan mau menjual gabah dan beras yang sesuai HPP.

"Sehingga petani merasa terlindungi karena petani banyak yang kekurangan informasi. Kementan juga harus memberikan pendampingan pasca panen agar petani dapat menghasilkan Gabah atau beras sesuai standar BULOG," tegas dia.

tag: #impor-beras  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...