Oleh Ariful Hakim pada hari Rabu, 31 Mar 2021 - 08:29:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Instagram Down, Apa Penyebabnya?

tscom_news_photo_1617154160.jpg
Instagram (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)—Rabu (30/3/21) kemarin banyak keluhan karena instagram tidak bisa dibuka. Kasus instagram down, ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Menurut situs pelacak gangguan layanan online, DownDetector, gangguan yang dialami aplikasi Instagram hampir merata di beberapa negara di dunia.

Dalam situs tersebut, dijelaskan bahwa laporan adanya gangguan Instagram muncul pada Selasa (30/3/21) sekitar pukul 20.47 WIB. Kemudian, laporan terus mengalami peningkatan. Pada pukul 21.02 WIB, sebanyak 65 laporan telah dikirimkan pengguna Instagram kepada pihak pengelola Instagram. Hingga Rabu, (31/3/2021), sebanyak 25 laporan gangguan mengakses Instagram pun masih dilakukan.

Paling banyak tidak bisa log-in Tak hanya itu, dalam situs DownDetector juga dijelaskan mengenai jenis gangguan yang dialami para pelapor yakni, log-in, news feed, dan website. Masalah terbanyak yang dilaporkan adalah pengguna tidak dapat masuk ke akun mereka. Adapun persentase masalah log-in dipilih oleh pengguna Instagram sebanyak 75 persen.

Lalu, masalah lain yang dialami pengguna Instagram yakni tidak dapat memperbarui News Feed mereka. News feed merupakan aktivitas suatu aplikasi untuk memunculkan unggahan terbaru dari akun Instagram yang diikuti oleh akun yang bersangkutan. Untuk yang melaporkan masalah pada News Feed, disebutkan sebanyak 17 persen.

Kemudian, pengguna lain juga melaporkan adanya gangguan saat membuka situs Instagram, dengan persentase pelaporan sebanyak 7 persen. Terkait membludaknya laporan gangguan pengoperasian Instagram, akun Twitter resmi dari Public Relations Instagram @InstagramComms mengungkapkan bahwa mereka sedang berupaya mengatasi gangguan.

"Having trouble with Instagram at the moment? We"re working on it! We"ll update you when things are back to normal. (Baru saja bermasalah dengan Instagram? Kami sedang mengatasinya! Kami akan menginformasikan kabar terbaru jika aplikasi sudah berjalan normal kembali)," tulis akun @InstagramComms.

Namun, mereka tidak menjelaskan apa penyebab gangguan ketidakmampuan pengguna untuk mengakses Instagram. Sebelumnya, aplikasi besutan WhatsApp seperti WhatsApp Messeger, Instagram, dan Facebook sempat tumbang secara bersamaan pada Sabtu, (20/3/2021). Tak hanya warga Indonesia saja yang mengalami, namun pengguna mancanegara juga terdampak gangguan ini. Tiga layanan tersebut juga pernah dilaporkan sering mengalami gangguan massal dan global pada 2019. Diketahui, proses integrasi layanan diduga menjadi penyebab gangguan saat itu

tag: #media-sosial  #instagram  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...