Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 06 Apr 2021 - 21:33:23 WIB
Bagikan Berita ini :

BKSAP Minta Manajemen Krisis Diubah Jadi Pencapaian Pemulihan

tscom_news_photo_1617719603.jpg
Achmad Hafisz Thohir Anggota Komisi XI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Perekonomian dunia merosot tajam, tak terkecuali di Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Setelah satu tahun menghadapi Covid-19 dengan berbagai manajemen krisis untuk pemulihan ekonomi, kini saatnya melihat hasil pemulihan tersebut.

Manajemen krisis pun harus diubah menjadi pencapaian pemulihan. Demikian disampaikan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir beberapa waktu lalu.

BKSAP dalam webinar dengan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mengeluarkan beberapa rekomendasi penting di masa pemulihan ekonomi ini.

Salah satunya adalah memperpanjang bantuan finansial bagi rumah tangga dan pelaku usaha.

“Kita harus segera beralih dari manajemen krisis menuju pencapaian pemulihan, antara lain perpanjang jangka waktu terhadap upaya bantuan finansial pada rumah tangga dan pelaku usaha guna melindungi penghasilan dan pengangguran," jelas Hafisz.

Ada empat rekomendasi yang dikeluarkan BKSAP dan OECD dalam webinar yang dipimpin Wakil Ketua BKSAP Sihar Sitorus tersebut.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini melanjutkan tiga poin rekomendasi lainnya, yaitu menyerukan agar otoritas keuangan merencanakan konsolidasi fiskal dalam jangka menengah. Namun, harus menghindari pencabutan stimulus secara prematur dan mendadak.

Rekomendasi selanjutnya, menghapus secara bertahap kesepakatan burden sharing dan independensi Bank Indonesia hendaknya perlu terus dijaga.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement