Zoom
Oleh Rihad pada hari Wednesday, 19 Mei 2021 - 23:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Amerika Adalah Pendukung Utama Israel, Ini Buktinya

tscom_news_photo_1621437119.jpg
Presiden AS Joe Biden dan PM Israel Netanyahu (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Amerika adalah pembela Israel yang gigih. Terbukti, Amerika Serikat telah memveto lusinan resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) yang mengkritik Israel, termasuk setidaknya 53 resolusi sejak 1972, menurut data PBB.

Dengan eskalasi kekerasan terbaru antara Israel dan Palestina yang sekarang terjadi, AS telah berpegang teguh pada pedoman itu. Pada hari Senin, Washington memblokir pernyataan bersama yang menyerukan gencatan senjata segera antara Israel dan Hamas - veto ketiga AS yang dilaporkan dalam waktu seminggu.

Dukungan tegas AS terhadap Israel telah menggagalkan resolusi yang mengutuk kekerasan terhadap pengunjuk rasa, permukiman ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki yang dibangun sejak 1967 dan menyerukan penyelidikan atas pembunuhan tujuh pekerja Palestina pada 1990 oleh seorang mantan tentara Israel.

Para kritikus mengatakan dukungan Washington terhadap Israel mendorong penggunaan kekuatan yang tidak proporsional terhadap warga Palestina, termasuk pemboman Israel saat ini di Jalur Gaza yang terkepung, yang telah menewaskan sedikitnya 219 warga Palestina, termasuk 63 anak-anak.

Warga Palestina di Gaza mulai memprotes di pagar perbatasan Israel pada Maret 2018, menyerukan "hak untuk kembali" ke rumah leluhur di mana keluarga mereka diusir pada tahun 1948 dalam rangka pembentukan negara Israel. PBB memperkirakan 750.000 warga Palestina diusir tahun itu.

Warga Palestina menghadapi tembakan penembak jitu dari pasukan Israel selama protes selama setahun, yang menewaskan sedikitnya 266 orang dan melukai sekitar 30.000 lainnya, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Pada tanggal 1 Juni 2018, DK PBB menyusun sebuah resolusi (PDF) yang menyatakan "keprihatinan besar pada eskalasi kekerasan dan ketegangan" sejak protes dimulai dan "kekhawatiran mendalam atas hilangnya nyawa warga sipil dan tingginya jumlah korban di antara warga sipil Palestina, khususnya di Jalur Gaza, termasuk korban di antara anak-anak, yang disebabkan oleh pasukan Israel ”.

Namun, AS memveto resolusi itu. Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley manyatakan "pandangan yang sangat sepihak tentang apa yang telah terjadi di Gaza dalam beberapa pekan terakhir", dikutip dari Al Jazeera.

Pengakuan Yerusalem sebagai Ibukota

Bukti lain dukungan AS ke Israel adalah pengakuan pemerintah AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Padahal Yerusalem Timur semula ditujukan untuk menjadi ibu kota negara Palestina di masa depan, sebagaimana diuraikan dalam perjanjian internasional.

Namun daerah tersebut telah diduduki oleh Israel sejak tahun 1967, ketika pasukan Israel mengalahkan pasukan dari Yordania - yang saat itu menguasai Yerusalem Timur dan Tepi Barat - Mesir, Suriah dan sekutu Palestina, untuk menduduki seluruh Palestina yang bersejarah.

Hukum internasional, termasuk resolusi DK PBB, menyatakan bahwa Yerusalem Timur tidak boleh dianggap sebagai wilayah Israel.

tag: #palestina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...