Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 24 Sep 2021 - 08:35:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Bisa Berefek ke Partai, Pengamat Ini Sarankan Golkar Copot Azis Syamsuddin

tscom_news_photo_1632447335.jpg
Fernando Emas Pengamat Politik (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pengamat Politik, Fernando Emas mendorong agar Partai Golkar segera bersikap atas status Azis Syamsuddin yang dikabarkan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

"Saat ini yang ditunggu adalah sikap dari Partai Golkar atas penetapan Aziz Syamsuddin sebagai tersangka oleh KPK. Partai Golkar harus segera mencopot Aziz Syamsuddin dari posisinya sebagai Wakil Ketua DPR," tandas Fernando kepada wartawan, Kamis (23/09/2021).

Justru menurutnya, jika Partai Golkar lambat mengambil sikap terhadap salah satu kadernya yakni Azis Syamsuddin yang sudah ditetapkan tersangka oleh KPK, maka ada konsekuensi elektoral yang cukup serius nantinya. Suara Golkar bisa tergerus.

"Jangan sampai Golkar akan mendapatkan sanksi dari masyarakat pada pemilu 2024 yang akan datang karena dianggap melindungi Aziz Syamsuddin," ujarnya.

Fernando juga mendesak agar lembaga etik wakil rakyat bersikap responsif dalam persoalan ini. Sikap diam dan bungkam menurutnya, hanya akan menjatuhkan wibawa lembaga DPR RI itu sendiri.

"MKD seharusnya sejak awal terungkapnya dugaan keterlibatan Aziz atas kasus yang ditangani oleh KPK.
MKD selama ini seperti sama-sama saling melindungi antar sesama anggota DPR. Dengan adanya dugaan keterlibatan Aziz Syamsuddin dalam kasus yang ditangani oleh KPK seharusnya MKD dapat memeriksa Aziz tanpa harus menunggu status hukumnya di KPK. Jadi patut diduga mereka melindungi Aziz sampai pihak KPK yang menentukan status hukum Aziz," tegasnya.

"Sebagai Mahkamah Kehormatan Dewan memiliki inisiatif untuk menjaga kehormatan dewan dari tindakan para anggota dewan yang melakukan pelanggaran hukum," pungkasnya.

tag: #azis-syamsuddin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement