Berita
Oleh Aswan pada hari Sunday, 10 Okt 2021 - 07:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Menag Yaqut Larang Pawai Hari Besar Keagamaan Yang Melibatkan Jumlah Peserta Dalam Skala Besar

tscom_news_photo_1633801053.jpg
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, melarang masyarakat menggelar pawai atau arak-arakan saat merayakan hari besar keagamaan yang melibatkan peserta dalam jumlah banyak.

"Dilarang untuk melakukan pawai atau arak-arakan dalam rangka Peringatan Hari Besar Keagamaan yang melibatkan jumlah peserta dalam skala besar," kata Yaqut, dalam keterangan resmi, Sabtu (9/10/2021).

Larangan ini tercantum dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor SE 29 Tahun 2021, yang ditandatangani pada 7 Oktober 2021.

Menurut Yaqut, dalam SE ini pemerintah mengatur pedoman penyelenggaraan peringatan hari besar keagamaan pada masa Covid-19.

"Pedoman kami terbitkan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi SAW, Natal, dan hari besar keagamaan lainnya pada masa pandemi Covid-19," terang Menag.

Yaqut menjelaskan, pedoman penyelenggaraan peringatan hari besar keagamaan diterapkan dengan mempertimbangkan status level pandemi Covid-19 di daerah tersebut.

Yaqut mencontohkan, di daerah level 2 dan 1, peringatan hari besar keagamaan bisa dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara, di daerah level 4 dan 3, perayaan hari besar itu dilakukan secara virtual.

"Untuk daerah level 4 dan level 3, peringatan hari besar keagamaan dianjurkan dilaksanakan secara virtual atau daring," kata Yaqut.

Dalam pedoman peringatan hari besar keagamaan itu, aturan yang diterapkan di daerah level 4 dan 3 lebih ketat.

Hal ini seperti mesti dilaksanakan di ruang terbuka.

Jika dilaksanakan di ruang tertutup seperti tempat peribadatan, acara itu hanya boleh diikuti 50 persen dari kapasitas ruangan atau terbatas 50 orang.

Peserta yang diizinkan hadir juga hanya yang berasal dari daerah setempat dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pedoman tersebut juga mengharuskan penyelenggara acara menyediakan petugas untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan, melakukan pengecekan suhu tubuh, hand sanitizer, dan sarana mencuci tangan.

Penyelenggara acara juga dianjurkan menyediakan QR Code aplikasi Pedulindungi, meminta peserta mengecek informasi vaksin dan status mereka di aplikasi itu.

"Peserta dianjurkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi di rumah ibadat dan di tempat lain yang digunakan untuk mengikuti Peringatan Hari Besar," katanya, sebagaimana dikutip dari aturan tersebut.

tag: #yaqut-cholil-qoumas  #menag-yaqut-larang-pawai-hari-besar-keagamaan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Gerindra Buka Suara Soal Susunan Kabinet Prabowo Beredar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Gerindra buka suara, terkait beredarnya susunan kabinet Presiden-Wakil Presiden Periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuking Raka di masyarakat. Ketua ...
Berita

Kredit UMKM Bank DKI Tumbuh 39,18%

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI terus fokus tingkatkan portofolio UMKM sesuai dengan visi dan misi bank. Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM  naik 39,18% dari Rp3,8 triliun ...