TSPartai
Oleh Aris Eko pada hari Selasa, 16 Jun 2015 - 18:27:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Masyarakat Antusias Ikuti Sosialisasi Empat Pilar Bambang Soesatyo

1IMG_20150614_155733.jpg
Suasana Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh Bambang Soesatyo, Senin (15/6/2015) (Sumber foto : Dwi Nugroho)

PURBALINGGA (TEROPONGSENAYAN)--Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (EPKBB) merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh rakyat Indonesia. Selain itu juga menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Itulah inti pemapaparan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang diselenggarakan Anggota Fraksi Partai Golkar MPR RI, Bambang Soesatyo, di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (15/6/2015). EPKBB adalah UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Melalui pengamalan nilai-nilai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme generasi penerus bangsa dalam membangun negeri,” ujar Wasman SPd. MM yang menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut.

Selain Wasman tampil sebagai pembicara adalah Drs. Setyo Hartadi. Sedang pesertanya adalah anggota PKK Kelurahan Kembaran Kulon, Purbalingga. Acara ini juga dihadiri oleh Lurah Kembaran Kulon, Siti Fatichah, SE, beserta pengurus kelurahan lainnya dan sejumlah tokoh masyarakat.

Wasman menuturkan, Empat Pilar dari konsepsi kenegaraan Indonesia tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia. Jadi EPKBB perlu dipahami dengan benar.

“Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa Empat Pilar adalah prinsip-prinsip moral kehidupan keindonesaian yang memandu tercapainya perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata pria yang berasal dari kalangan akademisi ini.

Wasman juga menegaskan pemilihan nilai-nilai EPKBB tidak lain adalah untuk mengingatkan pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara terus dijalankan dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan. Selain itu juga bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa ini dapat lebih maju dan sejahtera.

“Empat pilar ini akan menjadi panduan yang efektif dan nyata apabila segenap elemen bangsa dan para penyelenggara negara dan masyarakat konsisten mengamalkan dalam arti seluas-luasnya,” ujarnya.

Setyo Hartadi menambahkan berbagai persoalan kebangsaan dan kenegaraan yang terjadi di Indonesia saat ini disebabkan karena kita abai dan lalai dalam pengimplementasian Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

“Liberalisme ekonomi terjadi karena kita mengabaikan sila-sila dalam Pancasila, terutama sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab serta sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Konflik horizontal terjadi karena kita lalai pada Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Setyo.

Setyo menilai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara harus dipahami oleh para penyelenggara negara bersama seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan pengamalan prinsip Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara diyakini bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan diri sebagai bangsa yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

“Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dapat menjadi panduan yang efektif dan nyata, apabila semua pihak dan para penyelenggara negara baik di pusat maupun daerah konsisten mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” imbuh Setyo. (ris)

tag: #bamsoet  #fraksi golkar  #sosialisasi empat pilar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSPartai Lainnya
TSPartai

HUT Ke-52, DPP Golkar Santuni 1964 Anak Yatim

Oleh Sahlan
pada hari Kamis, 20 Okt 2016
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Memperingati HUT-nya ke 52, DPP Partai Golkar memberikan santunan kepada 1964 anak yatim. Acara ini dilaksanakan di kantor DPP, jalan Anggrek Nelli Murni, Jakarta Barat, ...
TSPartai

Roy Bilang Demokrat Bersyukur Kehilangan Ruhut Si "Berlian KW"

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan, pihaknya sangat senang jika benar Ruhut Sitompul bakal mundur sebagai anggota DPR.Terlebih, kata Roy, Komisi ...