Zoom
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 17 Jun 2015 - 22:23:26 WIB
Bagikan Berita ini :
Imbas Kerjasama Telkom-SingTel

Dilaporkan ke Polisi, Rini Soemarno Korupsi dan Salahgunakan Wewenang?

27polri-bareskrim.jpg
Kantor Bareskrim Polri (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kerjasama PT Telkom dengan SingTel dalam proyek penggarapan e-goverment ternyata mendapat reaksi keras dari sejumlah kalangan. Kerjasama yang digagas Menteri BUMN tersebut dianggap berpotensi merugikan kepentingan bangsa dan negara.

Atas dasar itu, Koordinator Indonesian Club Gigih Guntoro hari ini melaporkan Menteri BUMN Rini Soemarno ke Bareskrim Mabes Polri. Tujuan dari laporan itu sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kerugian negara.

"Kita mau memberikan satu pencegahan terhadap kerugian negara, karena ini lebih besar aspek kerugiannya bagi negara," kata dia di Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Selain itu, lanjut dia, kerjasama penggarapan e-government ini berpotensi adanya penyimpangan kewenangan.

"Kalau ini terjadi, maka ada indikasi adanya korupsi, adanya indikasi penyalahangunaan kewenangan," tandas dia.

Lebih lanjut Gigih menyatakan bahwa rahasia negara itu harus benar-benar terjaga dari intervensi asing.

"Kalau dari aspek kerahasian negara, kalau dalam UU intelijen barang siapa yang lalai, bisa di pidana tujuh tahun. Untuk itulah aspek itu kita cegah supaya kerugian negaralebih besar tidak terjadi. Kita akan terus berjuang untuk mencegah hal itu dan negara ini negara yang punya aturan hukum," tukas dia.

Jadi, pelaporan ini dimaksudkan untuk mendorong semua pihak agar bersama-sama mencegah kerugian negara dan bangsa yang lebih besar.

"Kita memberikan dukungan pada aparat penegak hukum. Jadi, persoalan siapa yang disangkakan menyalagunakan kewenangan dalam hal ini, pihak kepolisian tentunya yang punya kewenangan menyelidiki hal tersebut," jelasnya.

"Dan, untuk itu kita akan bergerak bersama-sama. Kita meminta agar penyidikan, pembangunan awal pusat data kenapa di Singapura kalau pusat data itu harus di Singapura ini diindikasikan dugaan membocorkan kerahasiaan negara," tegas dia.

Lebih lanjut Gigih juga mengingatkan bahwa di balik kerjasama tersebut ada upaya pihak asing untuk mengintervensi kedaulatan ekonomi bangsa ini.

"Singapura mau kerja sama Indonesia karena mau menghajar ekonomi Indonesia," tutup dia. (iy)

tag: #singtel  #telkom  #rini seomarno  #korupsi  #polisi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...