Jakarta
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Minggu, 21 Jun 2015 - 13:53:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Ahok Gusur PKL Monas, Namun Gandeng Rekso Group

34Lenggang_jakarta.jpg
Lenggang Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Penggusuran paksa pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Monas adalah upaya Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) untuk menggandeng PT Sinar Sosro atau Rekso Group untuk mengelola Lenggang Jakarta. Ahok dinilai lebih memihak perusahaan raksasa ketimbang pedagang kecil.

Hal ini seperti disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Ali Mahsun kepada TeropongSenayan, Minggu (21/6/2015).

“PKL ini diusir dari kawasan Monas karena kehadiran Lenggang Jakarta yang dikelola oleh PT Sinar Sosro atau Rekso Group. Kondisi ini yang menyebabkan mereka (PKL, red.) kehilangan kesabaran,” katanya. (Lihat:Ketum APKLI: Penyerangan di Monas Adalah Puncak Kemarahan PKL)

Masuknya perusahaan raksasa Rekso Group untuk mengelola Lenggang Jakarta yang diresmikan pada 22 Mei 2015 lalu dianggap Ali sebagai bentuk pencaplokan ekonomi PKL, UKM, dan pencaplokan ekonomi produktif kawasan Monas.

Ali juga menyebutkan, PKL bukannya tidak mau ikut berpartisipasi menempati kios-kios yang disediakan dalam kawasan Lenggang Jakarta, namun lebih karena kapasitasnya tak mencukupi.

“Begini, Lenggang Jakarta itu hanya mampu menampung 329. Sementara PKL di Monas secara keseluruhan ada 1800. Sisanya mau dibawa kemana sama Ahok? Mereka juga rakyat yang mencari makan, sama dengan yang lainnya,” ujarnya. (Lihat: Gusur PKL, Ahok Dianggap Telah Langgar Banyak Peraturan Perundang-undangan) (mnx)

tag: #Jakarta  #Ahok  #PKL Monas serang satpol PP  #Lenggang Jakarta  #Rekso Group  #PT Sinar Sosro  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...