Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 06 Feb 2023 - 19:42:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Masyarakat Diminta Manfaatkan Digital dengan Bisnis Online

tscom_news_photo_1675687368.jpg
Diskusi Legislator (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara berkomunikasi masyarakat namun juga metode perdagangannya. Pemanfaatan digital atau internet melalui e- commerce dan media online membuka peluang bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memasarkan dan menumbuhkan jaringan usaha di seluruh belahan dunia usaha.

“Hasil analisa menunjukkan bahwa rata-rata kunjungan Orang ke E-Commerce dan sosial media menunjukkan semakin banyak, baik mereka yang berbelanja secara online ataupun menggunakan sosial media. Oleh karena itu, ini adalah kesempatan bagi para pebisnis memanfaatkan E-Commerce tersebut untuk berjualan dan menggunakan sosial media untuk promosi," ucap Fedri Ramadhani selaku CEO Mantika Group Indonesia dalam kegiatan webinar Ngobrol Bareng Legislator, Senin (6/2/2023).

Bisnis online memiliki keunggulan dimana produk yang ditawarkan dan dipromosikan dapat menjangkau calon konsumen yang luas. Biaya yang dibutuhkan untuk berbisnis online juga tergolong murah, sehingga pelaku UMKM perlu memanfaatkan kesempatan tersebut.

Sely Ayu Susanti mengatakan untuk menghasilkan pundi-pundi cuan, kini saatnya untuk para pengusaha untuk memanfaatkan keunggulan-keunggulan tersebut.

“Marketplace menjadi pasar terbuka yang disukai oleh penjual dan pembeli diseluruh dunia, karena kita dapat menjual dan membeli tanpa mengeluarkan modal yang lebih banyak. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan semua itu untuk membangun usaha di bidang online untuk menghasilkan pundi-pundi cuan," ucapnya.

A. Rizki Sadig selaku Anggota Komisi 1 DPR RI juga mengatakan, “Untuk memulai bisnis secara online pebisnis harus siap akan risiko dan benar-benar kreatif memanfaatkan digital menjadi ladang cuan,” katanya.

Menutup kegiatan diskusi Webinar Ngobrol Bareng Legislator, Fedri Ramadhani memberikan pesan bagi para peserta untuk jangan takut memulai bisnis online.

“Tidak ada kata terlambat, tidak ada batasan usia untuk menjadi seorang pengusaha apalagi pengusaha yang bergerak di dunia digital. Kita bisa manfaatkan banyak hal dari digital-digital platform yang berkembang saat ini. Kita tinggal sesuaikan ingin seperti apa, cocoknya dimana, sosial media nya apa, dan sesuaikan dengan produk-produk yang ingin dijual. Jangan pernah kalah dengan rasa takut kalian untuk menjadi pengusaha, yakinlah bahwa kita mempunyai potensi, peluang, dan kesempatan," katanya.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement